cara merawat ekor ikan cupang hias

Mengenal Ikan Cupang


cara mudah budidaya ikan cupang


Bagi pecinta ikan, budidaya ikan laga cupang tentu jadi tidak benar satu pengalaman tersendiri. Ada yang budidaya ikan ini untuk cuman hobi, tersedia juga yang untuk dijual. Pertanian organik


 


Paling banyak ikan cupang yang dibudidaya adalah jenis ikan cupang laga. Sedangkan ikan cupang hias memiliki harga yang memadai tinggi sehingga banyak terhitung yang membudidayakan jenis ini untuk dijual.


 


Ada lebih berasal dari 70-an spesies ikan cupang di bumi ini yang diketahui. Sedangkan yang belum diketahui mungkin tetap amat banyak.


 


Mendapatkan Bibit Ikan Cupang Berkualitas


Untuk mendapatkan bibit ikan cupang berkwalitas harus dijalankan pengecekan yang cermat. Kalau Anda bibitnya adalah bibit beli, maka Anda kudu detail belanja agar ikan cupang hasil ternak Anda memiliki kwalitas tinggi.


 


Hal yang wajib diperhatikan untuk beroleh bibit ikan cupang memiliki kwalitas termasuk induk betina dan jantan yaitu:


 


 


 


Lihat sirip perut, ekor dan dubur apakah ada cacat.


Hindari sisik ikan yang ada luka.


Indukan jantan di cek tingkat agresifnya bersama mendekatkan jari tangan. Apabila indukan jantan memasuki mode menyerang karena menyaksikan jari tangan Anda berarti indukan jantan selanjutnya berkualitas. Cara mudah budidaya ikan cupang


Tanyakan apakah indukan selanjutnya sudah pernah laksanakan perkawinan atau belum.


Lihat mata ikan apakah tersedia memiliki masalah atau tidak.


Kondisi mesti bugar, bebas penyakit atau cacat.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


Ikan cupang jantan dan betina memang amat gampang dibedakan. Bagi penyuka ikan cupang didalam selagi singkat pasti bisa langsung mengenali ikan cupang jantan dengan yang betina.


 


Berikut adalah gambar perbedaan berasal dari ikan cupang betina dengan ikan cupang jantan.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


 


 


 


Cara membedakan cupang jantan bersama betina:


1. Pada cupang jantan, gerakannya lincah dan condong indah. Sedangkan cupang betina nampak lamban dan lusuh.


2. Sirip ekor pada cupang jantan lebih besar dan lebar. Pada cupang betina sirip ekor kelihatan kecil.


3. Perut pada cupang jantan langsing, sedangkan cupang betina muncul berisi.


 


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Wadah yang diperlukan adalah akuarium bersama ukuran sedikitnya 30cm x 30cm. Kemudian wadah terhitung kudu dimasukkan tumbuhan pendukung yakni kapu-kapu (pistia stratiotes). Jika di area Anda tidak ada tumbuhan ini bisa termasuk menggunakan eceng gondok.


 


Sangat direkomendasikan mengfungsikan tumbuhan kapu-kapu gara-gara tumbuhan ini sering tersedia di habitat alami ikan cupang. Selain itu, akar tumbuhan ini lebih pas membantu gelembung-gelembung yang nantinya digunakan untuk penempatan telur ikan.


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Tumbuhan kapu-kapu kerap disebut terhitung bersama nama apu-apu. Di area saya tumbuhan ini memadai sukar ditemui.


 


Masukkan air yang sudah di endap setinggi 10 ~ 15 cm dari dasar wadah. Batasan air 15 cm agar ikan cupang jantan tidak kecapekan memungut banyaknya telur sehabis pembuahan terjadi.


 


Biarkan sepanjang sekurang-kurangnya 2 hari barulah wadah siap digunakan.


 


Proses Perkenalan dan Perkawinan Ikan Cupang


Untuk memulai proses ini sebaiknya Anda mengikuti langkah yang saya laksanakan sehingga berhasil.


1. Masukkan Pejantan di Wadah Selama 1 Hari


Masukkan lebih-lebih dahulu ikan cupang yang jantan ke wadah pijah sepanjang 1 hari agar terbiasa. Beri makan yang banyak supaya ikan cupang jantan gemuk. Beri makan terhitung ikan cupang betina gemuk gara-gara saat proses pemijahan, ikan ini tidak makan apapun.


 


2. Kenalkan bersama Betina


Sebelum memasukkan ikan cupang betina ke didalam wadah pijah, pisahkan dulu terhadap wadah kaca yang berbeda. Untuk memicu ikan ini saling kenal maka biarkan ikan cupang jantan mampu menyaksikan cupang betina.


Pejantan Mengeluarkan Buih Pertanda Siap Kawin


Jika cupang jantan siap kawin, maka dia akan mengeluarkan buih-buih di kurang lebih tumbuhan apung yang Anda masukkan. Setelah buih cukup banyak barulah ikan cupang betina dapat dicampur ke wadah pemijahan.


 


3. Proses Pemijahan Ikan Cupang


Pada awal pencampuran, ikan cupang betina akan di hajar habis-habisan oleh ikan cupang jantan. Cara ini dijalankan pejantan untuk menaklukkan ego berasal dari ikan cupang betina.


 


Pada ikan cupang, dibiarkan saja terkecuali terjadi hal ini. Biasanya sesudah 1 harian, akan baikan kedua ikan dan terjadilah sistem pemijahan. Proses itu umumnya berjalan pada pagi hari sekitar jam 9 pagi.


 


Terkadang ketika lihat ikan jantan gebukin ikan betina, aku berpikir kalau proses perkawinan manusia layaknya itu rasanya sakit sekali ya wanitanya. Gimana gak sakit, berkenan dimadu tapi digebukin habis-habisan dulu. Hahaha..


 


Wadah pemijahan sebaiknya di tutupi keempat sisi dengan karton atau penutup lainnya supaya proses pemijahan bisa terjadi lancar. Berdasar pengalaman aku sewaktu kecil, saya tidak menutup wadah.


 


Sewaktu ikan cupangnya telah mesra-mesra rela melakukan pemijahan, ikannya memandang kucing liar lewat. Akhirnya gagal deh pemijahannya. Mungkin seperti manusia juga, kecuali sedang ‘itu’ diliat orang lain kan malu.


 


 


 


Proses Pemijahan Ikan Cupang<


Proses pemijahan ditandai bersama melilitnya ikan cupang jantan terhadap tubuh ikan cupang betina. Setelah melilit beberapa lama, ikan cupang betina akan mengeluarkan telur. Ikan jantan akan langsung memungut telur yang udah dibuahi dengan mulutnya dan memasukkannya pada buih yang udah dibuatnya.


 


4. Video Proses Pemijahan Ikan Cupang


 


 


Ketika berjalan sistem ini benar-benar penting melindungi supaya buih tidak pecah atau terkena sesuatu. Saya pernah dulu gagal karena tumbuhan tempat ikan menempatkan buihnya dicabut anak paman yang tetap kecil. Karena saya meletakkan wadah terhadap tempat yang rendah, anak paman saya pas mampir melihat ada tumbuhan segera dicaploknya.


 


5. Memisahkan Betina


Walaupun Anda menutup keempat sisi wadah, Anda tetap sanggup menyaksikan aktivitas ikan bersama dengan mengintip. Pastikan ikan tidak memahami sedang di intip agar tidak terjadi kegagalan.


 


Setelah indukan betina tidak mengeluarkan telur lagi, maka langsung keluarkan dari wadah pemijahan. Jika tidak dikeluarkan hanya akan terjadi dua perihal yakni adu jotos indukan jantan dengan betina atau telur-telurnya dimakan cupang betina.


 


6. Pisahkan Pejantan


Telur dapat menetas setelah kurang lebih 2 hari. Biarkan saja burayak dengan ayahnya sepanjang 3 hari. Pada hari keempat, Anda sanggup memberikan kutu air untuk dimakan burayak dan indukan jantan.


 


Pemberian makan pada indukan jantan tidak boleh benar-benar lama. Apabila indukan jantan memangsa burayak, langsung beri makan meskipun belum sampai hari keempat.


 


 


 


Hal ini mampu berjalan karena kelelahan, kecapekan dan kelaparan terhadap indukan jantan setelah sistem pemijahan.


 


Jika Anda memelihara bersama benar, sesudah 2 minggu barulah indukan jantan dikeluarkan berasal dari wadah.


 


PENTING! perhatikan seksama proses perawatan berasal dari induk jantan kepada burayak. Apabila Anda melihat indukan jantan memangsa burayak padahal telah Anda beri makan kutu air, segera keluarkan dia. (Hal ini mampu berlangsung karena indukan jantan berumur tidak cukup dari 5 bulan)


 


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


Perawatan terhadap burayak sehabis lepas berasal dari indukan jantan tidaklah terlampau sulit. Hal yang kudu diperhatikan didalam perawatannya adalah:


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


1. Apabila wadah terlihat padat oleh burayak, segera pindahkan terhadap wadah lebih besar.


2. Beri makan kutu air dan jentik merah secara berkala sekiranya burayak dipersiapkan untuk di laga.


3. Anda bisa memasukkan daun ketapang pada wadah untuk melindungi burayak berasal dari infeksi jamur dan bakteri. (Daun ketapang mesti di sistem pernah sebelum akan dimasukkan. Baca : Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif)


4. Ganti air secara bertahap apabila sudah terlihat keruh.


5. Masukkan aerator dan setel oksigen tingkat menengah agar memelihara burayak tidak kehabisan oksigen.


6. Setelah 1,5 bulan sejak menetas, ikan-ikan ini telah boleh dipisahkan menurut tipe kelaminnya ke wadah yang berbeda.


7. Khusus ikan cupang tipe kelamin jantan, pisahkan ikan terhadap wadah-wadah yang berlainan sehingga tidak saling serang.


 


Sedikit Pengalaman Saya Budidaya Ikan Cupang


Saya sejak kecil mengenal ikan cupang dan memeliharanya untuk sekedar berlaga dengan ikan teman. Ketika aku kecil tetap belum begitu paham cara budidaya ikan cupang yang benar agar cenderung gagal.


 


Tetapi untuk urusan laga ikan, aku sejak kecil telah tahu harus diberi makan apa saja ikan ini agar kuat.


 


 


 


Dari kecil burayak paling bagus diberi kutu air. Setelah giginya lumayan kuat, usia sekitar 1 ~ 1,5 bulan, beri makan jentik merah.


 


Biasanya jentik merah dibeli di dalam situasi beku. Anda kudu mencairkannya lebih-lebih dahulu baru sanggup beri makan pada ikan.


 


Jentik merah tidak seperti cacing sutera, tingkat pencemaran pada air lebih rendah.


 


Pemberian makan cacing sutera kepada ikan harus ada aeratornya sehingga cacing tidak cepat mati membusuk dan mencemari air. Sewaktu dulu aku belum pengalaman, udah banyak ikan cupang mati dikarenakan tidak aku mencermati airnya.


 


Saya beri makan cacing sutera dan cacingnya mati membusuk, tidak saya ubah pula airnya, pada akhirnya ikan cupangnya terhitung ikut mati. Hal ini telah berjalan beberapa kali dan sebabkan saya cukup trauma kala itu.


 


Dengan memberi makan kutu air dan jentik merah, ikan cupang laga yang saya budidaya kerap menang didalam kontes laga. Selain itu menambahkan daun ketapang juga amat berpengaruh. Well, hingga sini pernah pembahasan kita tentang Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap bersama Gambar.


 


Artikel Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap bersama dengan Gambar ini terbukti berhasil sebab udah aku lalui sendiri sebagai pembudidaya ikan cupang yang berpengalaman.


 

0 Response to "cara merawat ekor ikan cupang hias"

Posting Komentar