cara pelihara ikan cupang hias

Mengenal Ikan Cupang


cara mudah budidaya ikan cupang


Bagi pengagum ikan, budidaya ikan laga cupang pasti jadi keliru satu pengalaman tersendiri. Ada yang budidaya ikan ini untuk sebatas hobi, tersedia juga yang untuk dijual. Pertanian organik


 


Paling banyak ikan cupang yang dibudidaya adalah jenis ikan cupang laga. Sedangkan ikan cupang hias miliki harga yang lumayan tinggi sehingga banyak juga yang membudidayakan model ini untuk dijual.


 


Ada lebih dari 70-an spesies ikan cupang di bumi ini yang diketahui. Sedangkan yang belum diketahui mungkin tetap amat banyak.


 


Mendapatkan Bibit Ikan Cupang Berkualitas


Untuk memperoleh bibit ikan cupang berkualitas harus ditunaikan kontrol yang cermat. Kalau Anda bibitnya adalah bibit beli, maka Anda kudu cermat belanja supaya ikan cupang hasil ternak Anda memiliki kwalitas tinggi.


 


Hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan bibit ikan cupang berkualitas terhitung induk betina dan jantan yaitu:


 


 


 


Lihat sirip perut, ekor dan dubur apakah ada cacat.


Hindari sisik ikan yang tersedia luka.


Indukan jantan di cek tingkat agresifnya bersama mendekatkan jari tangan. Apabila indukan jantan memasuki mode menyerang gara-gara menyaksikan jari tangan Anda artinya indukan jantan tersebut berkualitas. Cara mudah budidaya ikan cupang


Tanyakan apakah indukan tersebut udah dulu laksanakan perkawinan atau belum.


Lihat mata ikan apakah tersedia punya masalah atau tidak.


Kondisi mesti bugar, bebas penyakit atau cacat.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


Ikan cupang jantan dan betina sebenarnya sangat ringan dibedakan. Bagi penyuka ikan cupang di dalam selagi singkat pasti sanggup segera mengenali ikan cupang jantan bersama dengan yang betina.


 


Berikut adalah gambar perbedaan berasal dari ikan cupang betina bersama ikan cupang jantan.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


 


 


 


Cara membedakan cupang jantan dengan betina:


1. Pada cupang jantan, gerakannya lincah dan condong indah. Sedangkan cupang betina nampak lamban dan lusuh.


2. Sirip ekor pada cupang jantan lebih besar dan lebar. Pada cupang betina sirip ekor terlihat kecil.


3. Perut pada cupang jantan langsing, tetapi cupang betina keluar berisi.


 


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Wadah yang diperlukan adalah akuarium dengan ukuran sekurang-kurangnya 30cm x 30cm. Kemudian wadah juga kudu dimasukkan tumbuhan pendukung yaitu kapu-kapu (pistia stratiotes). Jika di area Anda tidak tersedia tumbuhan ini mampu terhitung gunakan eceng gondok.


 


Sangat dianjurkan memanfaatkan tumbuhan kapu-kapu sebab tumbuhan ini sering ada di habitat alami ikan cupang. Selain itu, akar tumbuhan ini lebih tepat menolong gelembung-gelembung yang nantinya digunakan untuk penempatan telur ikan.


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Tumbuhan kapu-kapu kerap disebut juga dengan nama apu-apu. Di daerah aku tumbuhan ini memadai sulit ditemui.


 


Masukkan air yang telah di endap setinggi 10 ~ 15 cm berasal dari basic wadah. Batasan air 15 cm sehingga ikan cupang jantan tidak kecapekan memungut banyaknya telur sesudah pembuahan terjadi.


 


Biarkan selama sekurang-kurangnya 2 hari barulah wadah siap digunakan.


 


Proses Perkenalan dan Perkawinan Ikan Cupang


Untuk mengawali sistem ini sebaiknya Anda mengikuti langkah yang saya melakukan supaya berhasil.


1. Masukkan Pejantan di Wadah Selama 1 Hari


Masukkan lebih-lebih dahulu ikan cupang yang jantan ke wadah pijah sepanjang 1 hari supaya terbiasa. Beri makan yang banyak supaya ikan cupang jantan gemuk. Beri makan terhitung ikan cupang betina gemuk karena kala sistem pemijahan, ikan ini tidak makan apapun.


 


2. Kenalkan dengan Betina


Sebelum memasukkan ikan cupang betina ke di dalam wadah pijah, pisahkan dulu pada wadah kaca yang berbeda. Untuk mengakibatkan ikan ini saling kenal maka biarkan ikan cupang jantan mampu melihat cupang betina.


Pejantan Mengeluarkan Buih Pertanda Siap Kawin


Jika cupang jantan siap kawin, maka dia dapat mengeluarkan buih-buih di kira-kira tumbuhan apung yang Anda masukkan. Setelah buih memadai banyak barulah ikan cupang betina dapat dicampur ke wadah pemijahan.


 


3. Proses Pemijahan Ikan Cupang


Pada awal pencampuran, ikan cupang betina dapat di hajar habis-habisan oleh ikan cupang jantan. Cara ini ditunaikan pejantan untuk menaklukkan ego dari ikan cupang betina.


 


Pada ikan cupang, dibiarkan saja jika terjadi hal ini. Biasanya sehabis 1 harian, bakal baikan ke-2 ikan dan terjadilah proses pemijahan. Proses itu biasanya terjadi terhadap pagi hari kurang lebih jam 9 pagi.


 


Terkadang dikala menyaksikan ikan jantan gebukin ikan betina, aku berpikir kecuali proses perkawinan manusia seperti itu rasanya sakit sekali ya wanitanya. Gimana gak sakit, senang dimadu tapi digebukin habis-habisan dulu. Hahaha..


 


Wadah pemijahan sebaiknya di tutupi keempat sisi bersama karton atau penutup lainnya supaya sistem pemijahan mampu berlangsung lancar. Berdasar pengalaman aku sewaktu kecil, saya tidak menutup wadah.


 


Sewaktu ikan cupangnya sudah mesra-mesra senang jalankan pemijahan, ikannya memandang kucing liar lewat. Akhirnya gagal deh pemijahannya. Mungkin seperti manusia juga, terkecuali sedang ‘itu’ diliat orang lain kan malu.


 


 


 


Proses Pemijahan Ikan Cupang<


Proses pemijahan ditandai bersama dengan melilitnya ikan cupang jantan pada tubuh ikan cupang betina. Setelah melilit beberapa lama, ikan cupang betina akan mengeluarkan telur. Ikan jantan akan langsung memungut telur yang sudah dibuahi dengan mulutnya dan memasukkannya terhadap buih yang sudah dibuatnya.


 


4. Video Proses Pemijahan Ikan Cupang


 


 


Ketika berjalan proses ini amat penting merawat supaya buih tidak pecah atau terkena sesuatu. Saya dulu pernah gagal dikarenakan tumbuhan area ikan tempatkan buihnya dicabut anak paman yang masih kecil. Karena saya menempatkan wadah pada area yang rendah, anak paman aku tepat datang menyaksikan tersedia tumbuhan segera dicaploknya.


 


5. Memisahkan Betina


Walaupun Anda menutup keempat segi wadah, Anda tetap bisa menyaksikan aktivitas ikan bersama dengan mengintip. Pastikan ikan tidak sadar sedang di intip sehingga tidak berlangsung kegagalan.


 


Setelah indukan betina tidak mengeluarkan telur lagi, maka langsung keluarkan berasal dari wadah pemijahan. Jika tidak dikeluarkan cuma dapat berjalan dua hal yakni adu jotos indukan jantan dengan betina atau telur-telurnya dimakan cupang betina.


 


6. Pisahkan Pejantan


Telur akan menetas sesudah tidak cukup lebih 2 hari. Biarkan saja burayak bersama ayahnya sepanjang 3 hari. Pada hari keempat, Anda mampu beri tambahan kutu air untuk dimakan burayak dan indukan jantan.


 


Pemberian makan terhadap indukan jantan tidak boleh amat lama. Apabila indukan jantan memangsa burayak, langsung beri makan walaupun belum hingga hari keempat.


 


 


 


Hal ini sanggup berlangsung karena kelelahan, kecapekan dan kelaparan terhadap indukan jantan setelah proses pemijahan.


 


Jika Anda memelihara dengan benar, sesudah 2 minggu barulah indukan jantan dikeluarkan dari wadah.


 


PENTING! mencermati seksama sistem perawatan berasal dari induk jantan kepada burayak. Apabila Anda memandang indukan jantan memangsa burayak padahal telah Anda beri makan kutu air, langsung keluarkan dia. (Hal ini mampu terjadi dikarenakan indukan jantan berumur kurang dari 5 bulan)


 


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


Perawatan pada burayak sehabis terlepas dari indukan jantan tidaklah amat sulit. Hal yang harus diperhatikan dalam perawatannya adalah:


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


1. Apabila wadah keluar padat oleh burayak, langsung pindahkan pada wadah lebih besar.


2. Beri makan kutu air dan jentik merah secara berkala andaikata burayak dipersiapkan untuk di laga.


3. Anda bisa memasukkan daun ketapang pada wadah untuk merawat burayak berasal dari infeksi jamur dan bakteri. (Daun ketapang kudu di proses dulu sebelum dimasukkan. Baca : Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif)


4. Ganti air secara bertahap seandainya udah tampak keruh.


5. Masukkan aerator dan setel oksigen tingkat menengah sehingga melindungi burayak tidak kehabisan oksigen.


6. Setelah 1,5 bulan sejak menetas, ikan-ikan ini telah boleh dipisahkan menurut type kelaminnya ke wadah yang berbeda.


7. Khusus ikan cupang jenis kelamin jantan, pisahkan ikan pada wadah-wadah yang berlainan agar tidak saling serang.


 


Sedikit Pengalaman Saya Budidaya Ikan Cupang


Saya sejak kecil mengenal ikan cupang dan memeliharanya untuk hanyalah berlaga bersama ikan teman. Ketika aku kecil masih belum begitu menyadari langkah budidaya ikan cupang yang benar supaya cenderung gagal.


 


Tetapi untuk urusan laga ikan, aku sejak kecil sudah memahami harus diberi makan apa saja ikan ini agar kuat.


 


 


 


Dari kecil burayak paling bagus diberi kutu air. Setelah giginya memadai kuat, umur kira-kira 1 ~ 1,5 bulan, beri makan jentik merah.


 


Biasanya jentik merah dibeli didalam situasi beku. Anda perlu mencairkannya khususnya dahulu baru mampu beri makan terhadap ikan.


 


Jentik merah tidak layaknya cacing sutera, tingkat pencemaran pada air lebih rendah.


 


Pemberian makan cacing sutera kepada ikan kudu tersedia aeratornya supaya cacing tidak cepat mati membusuk dan mencemari air. Sewaktu dulu aku belum pengalaman, telah banyak ikan cupang mati karena tidak aku memperhatikan airnya.


 


Saya beri makan cacing sutera dan cacingnya mati membusuk, tidak saya ubah pula airnya, akhirnya ikan cupangnya juga turut mati. Hal ini telah berlangsung berulang-kali dan sebabkan aku lumayan trauma waktu itu.


 


Dengan berikan makan kutu air dan jentik merah, ikan cupang laga yang aku budidaya sering menang dalam kontes laga. Selain itu penambahan daun ketapang juga terlalu berpengaruh. Well, sampai sini dulu pembahasan kita mengenai Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap bersama dengan Gambar.


 


Artikel Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap dengan Gambar ini terbukti berhasil gara-gara telah aku lalui sendiri sebagai pembudidaya ikan cupang yang berpengalaman.


 

0 Response to "cara pelihara ikan cupang hias"

Posting Komentar