ikan cupang hias di bogor

Mengenal Ikan Cupang


cara mudah budidaya ikan cupang


Bagi pengagum ikan, budidaya ikan laga cupang pasti menjadi tidak benar satu pengalaman tersendiri. Ada yang budidaya ikan ini untuk sebatas hobi, tersedia juga yang untuk dijual. Pertanian organik


 


Paling banyak ikan cupang yang dibudidaya adalah tipe ikan cupang laga. Sedangkan ikan cupang hias mempunyai harga yang lumayan tinggi supaya banyak juga yang membudidayakan tipe ini untuk dijual.


 


Ada lebih dari 70-an spesies ikan cupang di bumi ini yang diketahui. Sedangkan yang belum diketahui kemungkinan tetap benar-benar banyak.


 


Mendapatkan Bibit Ikan Cupang Berkualitas


Untuk beroleh bibit ikan cupang berkwalitas mesti dilaksanakan pemeriksaan yang cermat. Kalau Anda bibitnya adalah bibit beli, maka Anda harus detil belanja supaya ikan cupang hasil ternak Anda berkualitas tinggi.


 


Hal yang kudu diperhatikan untuk meraih bibit ikan cupang berkwalitas juga induk betina dan jantan yaitu:


 


 


 


Lihat sirip perut, ekor dan dubur apakah ada cacat.


Hindari sisik ikan yang ada luka.


Indukan jantan di cek tingkat agresifnya bersama mendekatkan jari tangan. Apabila indukan jantan memasuki mode menyerang sebab melihat jari tangan Anda artinya indukan jantan berikut berkualitas. Cara mudah budidaya ikan cupang


Tanyakan apakah indukan tersebut telah pernah lakukan perkawinan atau belum.


Lihat mata ikan apakah ada mempunyai masalah atau tidak.


Kondisi perlu bugar, bebas penyakit atau cacat.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


Ikan cupang jantan dan betina memang amat mudah dibedakan. Bagi penyuka ikan cupang dalam waktu singkat tentu bisa segera mengenali ikan cupang jantan bersama yang betina.


 


Berikut adalah gambar perbedaan berasal dari ikan cupang betina bersama dengan ikan cupang jantan.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


 


 


 


Cara membedakan cupang jantan bersama dengan betina:


1. Pada cupang jantan, gerakannya lincah dan condong indah. Sedangkan cupang betina keluar lamban dan lusuh.


2. Sirip ekor terhadap cupang jantan lebih besar dan lebar. Pada cupang betina sirip ekor tampak kecil.


3. Perut pada cupang jantan langsing, sedangkan cupang betina muncul berisi.


 


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Wadah yang diperlukan adalah akuarium bersama dengan ukuran minimal 30cm x 30cm. Kemudian wadah termasuk harus dimasukkan tumbuhan pendukung yaitu kapu-kapu (pistia stratiotes). Jika di daerah Anda tidak tersedia tumbuhan ini bisa juga memakai eceng gondok.


 


Sangat disarankan memakai tumbuhan kapu-kapu dikarenakan tumbuhan ini kerap ada di habitat alami ikan cupang. Selain itu, akar tumbuhan ini lebih tepat menopang gelembung-gelembung yang nantinya digunakan untuk penempatan telur ikan.


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Tumbuhan kapu-kapu kerap disebut juga bersama dengan nama apu-apu. Di daerah saya tumbuhan ini cukup susah ditemui.


 


Masukkan air yang sudah di endap setinggi 10 ~ 15 cm dari dasar wadah. Batasan air 15 cm agar ikan cupang jantan tidak kecapekan memungut banyaknya telur sesudah pembuahan terjadi.


 


Biarkan selama sedikitnya 2 hari barulah wadah siap digunakan.


 


Proses Perkenalan dan Perkawinan Ikan Cupang


Untuk mengawali proses ini sebaiknya Anda mengikuti langkah yang saya melakukan supaya berhasil.


1. Masukkan Pejantan di Wadah Selama 1 Hari


Masukkan terlebih dahulu ikan cupang yang jantan ke wadah pijah selama 1 hari supaya terbiasa. Beri makan yang banyak agar ikan cupang jantan gemuk. Beri makan terhitung ikan cupang betina gemuk sebab disaat sistem pemijahan, ikan ini tidak makan apapun.


 


2. Kenalkan bersama dengan Betina


Sebelum memasukkan ikan cupang betina ke didalam wadah pijah, pisahkan pernah terhadap wadah kaca yang berbeda. Untuk membawa dampak ikan ini saling kenal maka biarkan ikan cupang jantan mampu melihat cupang betina.


Pejantan Mengeluarkan Buih Pertanda Siap Kawin


Jika cupang jantan siap kawin, maka dia dapat mengeluarkan buih-buih di kurang lebih tumbuhan apung yang Anda masukkan. Setelah buih cukup banyak barulah ikan cupang betina dapat dicampur ke wadah pemijahan.


 


3. Proses Pemijahan Ikan Cupang


Pada awal pencampuran, ikan cupang betina akan di hajar habis-habisan oleh ikan cupang jantan. Cara ini dilakukan pejantan untuk menaklukkan ego dari ikan cupang betina.


 


Pada ikan cupang, dibiarkan saja terkecuali berjalan perihal ini. Biasanya sesudah 1 harian, bakal baikan ke dua ikan dan terjadilah proses pemijahan. Proses itu kebanyakan berjalan pada pagi hari kurang lebih jam 9 pagi.


 


Terkadang ketika menyaksikan ikan jantan gebukin ikan betina, saya berpikir jika sistem perkawinan manusia layaknya itu rasanya sakit sekali ya wanitanya. Gimana gak sakit, sudi dimadu tetapi digebukin habis-habisan dulu. Hahaha..


 


Wadah pemijahan sebaiknya di tutupi keempat sisi dengan karton atau penutup lainnya agar proses pemijahan sanggup terjadi lancar. Berdasar pengalaman saya sewaktu kecil, saya tidak menutup wadah.


 


Sewaktu ikan cupangnya telah mesra-mesra senang laksanakan pemijahan, ikannya memandang kucing liar lewat. Akhirnya gagal deh pemijahannya. Mungkin seperti manusia juga, terkecuali tengah ‘itu’ diliat orang lain kan malu.


 


 


 


Proses Pemijahan Ikan Cupang<


Proses pemijahan ditandai dengan melilitnya ikan cupang jantan terhadap tubuh ikan cupang betina. Setelah melilit beberapa lama, ikan cupang betina dapat mengeluarkan telur. Ikan jantan akan segera memungut telur yang udah dibuahi dengan mulutnya dan memasukkannya terhadap buih yang udah dibuatnya.


 


4. Video Proses Pemijahan Ikan Cupang


 


 


Ketika berlangsung sistem ini terlalu penting merawat supaya buih tidak pecah atau terkena sesuatu. Saya dulu pernah gagal gara-gara tumbuhan tempat ikan tempatkan buihnya dicabut anak paman yang masih kecil. Karena saya letakkan wadah terhadap tempat yang rendah, anak paman saya tepat berkunjung menyaksikan tersedia tumbuhan langsung dicaploknya.


 


5. Memisahkan Betina


Walaupun Anda menutup keempat sisi wadah, Anda masih dapat lihat aktivitas ikan dengan mengintip. Pastikan ikan tidak memahami tengah di intip supaya tidak terjadi kegagalan.


 


Setelah indukan betina tidak mengeluarkan telur lagi, maka segera keluarkan berasal dari wadah pemijahan. Jika tidak dikeluarkan cuma bakal terjadi dua perihal yaitu adu jotos indukan jantan bersama dengan betina atau telur-telurnya dimakan cupang betina.


 


6. Pisahkan Pejantan


Telur dapat menetas sehabis tidak cukup lebih 2 hari. Biarkan saja burayak bersama ayahnya selama 3 hari. Pada hari keempat, Anda sanggup beri tambahan kutu air untuk dimakan burayak dan indukan jantan.


 


Pemberian makan terhadap indukan jantan tidak boleh terlalu lama. Apabila indukan jantan memangsa burayak, langsung beri makan meskipun belum hingga hari keempat.


 


 


 


Hal ini sanggup berjalan karena kelelahan, kecapekan dan kelaparan pada indukan jantan sesudah sistem pemijahan.


 


Jika Anda menjaga bersama benar, sesudah 2 minggu barulah indukan jantan dikeluarkan dari wadah.


 


PENTING! mencermati seksama proses perawatan dari induk jantan kepada burayak. Apabila Anda memandang indukan jantan memangsa burayak padahal udah Anda beri makan kutu air, segera keluarkan dia. (Hal ini mampu berjalan karena indukan jantan berumur tidak cukup berasal dari 5 bulan)


 


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


Perawatan terhadap burayak setelah terlepas dari indukan jantan tidaklah benar-benar sulit. Hal yang harus diperhatikan di dalam perawatannya adalah:


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


1. Apabila wadah nampak padat oleh burayak, langsung pindahkan pada wadah lebih besar.


2. Beri makan kutu air dan jentik merah secara berkala seumpama burayak dipersiapkan untuk di laga.


3. Anda dapat memasukkan daun ketapang terhadap wadah untuk memelihara burayak berasal dari infeksi jamur dan bakteri. (Daun ketapang wajib di proses dulu sebelum akan dimasukkan. Baca : Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif)


4. Ganti air secara bertahap misalnya sudah nampak keruh.


5. Masukkan aerator dan setel oksigen tingkat menengah supaya memelihara burayak tidak kehabisan oksigen.


6. Setelah 1,5 bulan sejak menetas, ikan-ikan ini telah boleh dipisahkan menurut model kelaminnya ke wadah yang berbeda.


7. Khusus ikan cupang style kelamin jantan, pisahkan ikan terhadap wadah-wadah yang berlainan sehingga tidak saling serang.


 


Sedikit Pengalaman Saya Budidaya Ikan Cupang


Saya sejak kecil mengenal ikan cupang dan memeliharanya untuk cuman berlaga bersama ikan teman. Ketika saya kecil masih belum begitu paham langkah budidaya ikan cupang yang benar supaya cenderung gagal.


 


Tetapi untuk urusan laga ikan, saya sejak kecil sudah mengetahui perlu diberi makan apa saja ikan ini supaya kuat.


 


 


 


Dari kecil burayak paling bagus diberi kutu air. Setelah giginya memadai kuat, usia kira-kira 1 ~ 1,5 bulan, beri makan jentik merah.


 


Biasanya jentik merah dibeli dalam keadaan beku. Anda harus mencairkannya terutama dahulu baru dapat beri makan pada ikan.


 


Jentik merah tidak seperti cacing sutera, tingkat pencemaran terhadap air lebih rendah.


 


Pemberian makan cacing sutera kepada ikan perlu tersedia aeratornya agar cacing tidak cepat mati membusuk dan mencemari air. Sewaktu pernah saya belum pengalaman, telah banyak ikan cupang mati gara-gara tidak saya menyimak airnya.


 


Saya beri makan cacing sutera dan cacingnya mati membusuk, tidak aku rubah pula airnya, akhirnya ikan cupangnya termasuk ikut mati. Hal ini sudah berjalan beberapa kali dan membuat saya cukup trauma selagi itu.


 


Dengan berikan makan kutu air dan jentik merah, ikan cupang laga yang aku budidaya sering menang dalam kontes laga. Selain itu penambahan daun ketapang juga benar-benar berpengaruh. Well, hingga sini dulu pembahasan kita mengenai Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap dengan Gambar.


 


Artikel Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap bersama dengan Gambar ini terbukti berhasil dikarenakan sudah saya lalui sendiri sebagai pembudidaya ikan cupang yang berpengalaman.


 

0 Response to "ikan cupang hias di bogor"

Posting Komentar