jual indukan ikan cupang hias

Mengenal Ikan Cupang


cara mudah budidaya ikan cupang


Bagi pecinta ikan, budidaya ikan laga cupang pasti menjadi keliru satu pengalaman tersendiri. Ada yang budidaya ikan ini untuk sekedar hobi, tersedia terhitung yang untuk dijual. Pertanian organik


 


Paling banyak ikan cupang yang dibudidaya adalah style ikan cupang laga. Sedangkan ikan cupang hias punyai harga yang lumayan tinggi agar banyak terhitung yang membudidayakan model ini untuk dijual.


 


Ada lebih dari 70-an spesies ikan cupang di bumi ini yang diketahui. Sedangkan yang belum diketahui bisa saja masih benar-benar banyak.


 


Mendapatkan Bibit Ikan Cupang Berkualitas


Untuk memperoleh bibit ikan cupang memiliki kwalitas mesti dilakukan pengecekan yang cermat. Kalau Anda bibitnya adalah bibit beli, maka Anda wajib detail membeli sehingga ikan cupang hasil ternak Anda berkwalitas tinggi.


 


Hal yang kudu diperhatikan untuk memperoleh bibit ikan cupang memiliki kwalitas terhitung induk betina dan jantan yaitu:


 


 


 


Lihat sirip perut, ekor dan dubur apakah ada cacat.


Hindari sisik ikan yang tersedia luka.


Indukan jantan di cek tingkat agresifnya dengan mendekatkan jari tangan. Apabila indukan jantan memasuki mode menyerang gara-gara menyaksikan jari tangan Anda bermakna indukan jantan selanjutnya berkualitas. Cara mudah budidaya ikan cupang


Tanyakan apakah indukan berikut udah dulu melakukan perkawinan atau belum.


Lihat mata ikan apakah ada punya masalah atau tidak.


Kondisi mesti bugar, bebas penyakit atau cacat.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


Ikan cupang jantan dan betina memang benar-benar gampang dibedakan. Bagi penyuka ikan cupang dalam kala singkat tentu sanggup segera mengetahui ikan cupang jantan dengan yang betina.


 


Berikut adalah gambar perbedaan dari ikan cupang betina bersama dengan ikan cupang jantan.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


 


 


 


Cara membedakan cupang jantan dengan betina:


1. Pada cupang jantan, gerakannya lincah dan cenderung indah. Sedangkan cupang betina nampak lamban dan lusuh.


2. Sirip ekor pada cupang jantan lebih besar dan lebar. Pada cupang betina sirip ekor kelihatan kecil.


3. Perut terhadap cupang jantan langsing, sedangkan cupang betina terlihat berisi.


 


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Wadah yang dibutuhkan adalah akuarium dengan ukuran sedikitnya 30cm x 30cm. Kemudian wadah terhitung kudu dimasukkan tumbuhan pendukung yaitu kapu-kapu (pistia stratiotes). Jika di area Anda tidak ada tumbuhan ini dapat termasuk mengfungsikan eceng gondok.


 


Sangat direkomendasi memanfaatkan tumbuhan kapu-kapu dikarenakan tumbuhan ini kerap tersedia di habitat alami ikan cupang. Selain itu, akar tumbuhan ini lebih pas menolong gelembung-gelembung yang nantinya digunakan untuk penempatan telur ikan.


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Tumbuhan kapu-kapu sering disebut terhitung bersama nama apu-apu. Di daerah aku tumbuhan ini cukup sukar ditemui.


 


Masukkan air yang telah di endap setinggi 10 ~ 15 cm dari dasar wadah. Batasan air 15 cm supaya ikan cupang jantan tidak kecapekan memungut banyaknya telur setelah pembuahan terjadi.


 


Biarkan sepanjang minimal 2 hari barulah wadah siap digunakan.


 


Proses Perkenalan dan Perkawinan Ikan Cupang


Untuk memulai proses ini sebaiknya Anda mengikuti langkah yang saya melaksanakan sehingga berhasil.


1. Masukkan Pejantan di Wadah Selama 1 Hari


Masukkan terutama dahulu ikan cupang yang jantan ke wadah pijah selama 1 hari sehingga terbiasa. Beri makan yang banyak supaya ikan cupang jantan gemuk. Beri makan terhitung ikan cupang betina gemuk dikarenakan ketika sistem pemijahan, ikan ini tidak makan apapun.


 


2. Kenalkan bersama dengan Betina


Sebelum memasukkan ikan cupang betina ke dalam wadah pijah, pisahkan dulu terhadap wadah kaca yang berbeda. Untuk menyebabkan ikan ini saling kenal maka biarkan ikan cupang jantan mampu melihat cupang betina.


Pejantan Mengeluarkan Buih Pertanda Siap Kawin


Jika cupang jantan siap kawin, maka dia akan mengeluarkan buih-buih di sekitar tumbuhan apung yang Anda masukkan. Setelah buih memadai banyak barulah ikan cupang betina dapat dicampur ke wadah pemijahan.


 


3. Proses Pemijahan Ikan Cupang


Pada awal pencampuran, ikan cupang betina akan di hajar habis-habisan oleh ikan cupang jantan. Cara ini dilakukan pejantan untuk menaklukkan ego dari ikan cupang betina.


 


Pada ikan cupang, dibiarkan saja jika berlangsung perihal ini. Biasanya sesudah 1 harian, akan baikan kedua ikan dan terjadilah sistem pemijahan. Proses itu umumnya terjadi pada pagi hari sekitar jam 9 pagi.


 


Terkadang kala menyaksikan ikan jantan gebukin ikan betina, aku berpikir kecuali proses perkawinan manusia seperti itu rasanya sakit sekali ya wanitanya. Gimana gak sakit, sudi dimadu tetapi digebukin habis-habisan dulu. Hahaha..


 


Wadah pemijahan sebaiknya di tutupi keempat sisi bersama dengan karton atau penutup lainnya sehingga proses pemijahan dapat berjalan lancar. Berdasar pengalaman aku sewaktu kecil, saya tidak menutup wadah.


 


Sewaktu ikan cupangnya sudah mesra-mesra mau lakukan pemijahan, ikannya melihat kucing liar lewat. Akhirnya gagal deh pemijahannya. Mungkin layaknya manusia juga, kecuali tengah ‘itu’ diliat orang lain kan malu.


 


 


 


Proses Pemijahan Ikan Cupang<


Proses pemijahan ditandai bersama dengan melilitnya ikan cupang jantan pada tubuh ikan cupang betina. Setelah melilit lebih dari satu lama, ikan cupang betina dapat mengeluarkan telur. Ikan jantan akan langsung memungut telur yang sudah dibuahi bersama dengan mulutnya dan memasukkannya terhadap buih yang telah dibuatnya.


 


4. Video Proses Pemijahan Ikan Cupang


 


 


Ketika berlangsung proses ini amat penting memelihara sehingga buih tidak pecah atau terkena sesuatu. Saya dulu dulu gagal dikarenakan tumbuhan daerah ikan letakkan buihnya dicabut anak paman yang masih kecil. Karena aku tempatkan wadah terhadap daerah yang rendah, anak paman aku tepat berkunjung memandang tersedia tumbuhan langsung dicaploknya.


 


5. Memisahkan Betina


Walaupun Anda menutup keempat segi wadah, Anda tetap bisa memandang kesibukan ikan dengan mengintip. Pastikan ikan tidak jelas tengah di intip sehingga tidak berlangsung kegagalan.


 


Setelah indukan betina tidak mengeluarkan telur lagi, maka segera keluarkan berasal dari wadah pemijahan. Jika tidak dikeluarkan cuma dapat terjadi dua hal yakni adu jotos indukan jantan bersama betina atau telur-telurnya dimakan cupang betina.


 


6. Pisahkan Pejantan


Telur akan menetas sesudah tidak cukup lebih 2 hari. Biarkan saja burayak bersama ayahnya sepanjang 3 hari. Pada hari keempat, Anda mampu menambahkan kutu air untuk dimakan burayak dan indukan jantan.


 


Pemberian makan terhadap indukan jantan tidak boleh benar-benar lama. Apabila indukan jantan memangsa burayak, langsung beri makan walaupun belum hingga hari keempat.


 


 


 


Hal ini bisa berlangsung karena kelelahan, kecapekan dan kelaparan terhadap indukan jantan sesudah proses pemijahan.


 


Jika Anda memelihara bersama dengan benar, sesudah 2 minggu barulah indukan jantan dikeluarkan berasal dari wadah.


 


PENTING! perhatikan seksama sistem perawatan dari induk jantan kepada burayak. Apabila Anda memandang indukan jantan memangsa burayak padahal sudah Anda beri makan kutu air, langsung keluarkan dia. (Hal ini bisa terjadi karena indukan jantan berumur kurang dari 5 bulan)


 


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


Perawatan pada burayak sesudah terlepas dari indukan jantan tidaklah benar-benar sulit. Hal yang wajib diperhatikan di dalam perawatannya adalah:


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


1. Apabila wadah nampak padat oleh burayak, langsung pindahkan pada wadah lebih besar.


2. Beri makan kutu air dan jentik merah secara berkala seumpama burayak dipersiapkan untuk di laga.


3. Anda dapat memasukkan daun ketapang terhadap wadah untuk merawat burayak berasal dari infeksi jamur dan bakteri. (Daun ketapang kudu di sistem dulu sebelum akan dimasukkan. Baca : Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif)


4. Ganti air secara bertahap bila sudah nampak keruh.


5. Masukkan aerator dan setel oksigen tingkat menengah supaya menjaga burayak tidak kehabisan oksigen.


6. Setelah 1,5 bulan sejak menetas, ikan-ikan ini udah boleh dipisahkan menurut type kelaminnya ke wadah yang berbeda.


7. Khusus ikan cupang type kelamin jantan, pisahkan ikan terhadap wadah-wadah yang berbeda supaya tidak saling serang.


 


Sedikit Pengalaman Saya Budidaya Ikan Cupang


Saya sejak kecil mengenal ikan cupang dan memeliharanya untuk sebatas berlaga dengan ikan teman. Ketika aku kecil tetap belum begitu paham langkah budidaya ikan cupang yang benar supaya condong gagal.


 


Tetapi untuk urusan laga ikan, saya sejak kecil udah memahami wajib diberi makan apa saja ikan ini sehingga kuat.


 


 


 


Dari kecil burayak paling bagus diberi kutu air. Setelah giginya lumayan kuat, usia kira-kira 1 ~ 1,5 bulan, beri makan jentik merah.


 


Biasanya jentik merah dibeli didalam keadaan beku. Anda mesti mencairkannya terutama dahulu baru sanggup beri makan pada ikan.


 


Jentik merah tidak layaknya cacing sutera, tingkat pencemaran pada air lebih rendah.


 


Pemberian makan cacing sutera kepada ikan perlu tersedia aeratornya supaya cacing tidak cepat mati membusuk dan mencemari air. Sewaktu dulu aku belum pengalaman, telah banyak ikan cupang mati dikarenakan tidak aku memperhatikan airnya.


 


Saya beri makan cacing sutera dan cacingnya mati membusuk, tidak saya ubah pula airnya, kelanjutannya ikan cupangnya terhitung ikut mati. Hal ini udah terjadi berulang-kali dan membawa dampak saya memadai trauma kala itu.


 


Dengan memberi makan kutu air dan jentik merah, ikan cupang laga yang saya budidaya kerap menang didalam kontes laga. Selain itu menambahkan daun ketapang termasuk benar-benar berpengaruh. Well, sampai sini pernah pembahasan kami tentang Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap dengan Gambar.


 


Artikel Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap bersama Gambar ini terbukti berhasil karena sudah saya lalui sendiri sebagai pembudidaya ikan cupang yang berpengalaman.


 

0 Response to "jual indukan ikan cupang hias"

Posting Komentar