gambar ikan cupang hias juara

Mengenal Ikan Cupang


cara mudah budidaya ikan cupang


Bagi fans ikan, budidaya ikan laga cupang tentu jadi tidak benar satu pengalaman tersendiri. Ada yang budidaya ikan ini untuk hanyalah hobi, tersedia juga yang untuk dijual. Pertanian organik


 


Paling banyak ikan cupang yang dibudidaya adalah tipe ikan cupang laga. Sedangkan ikan cupang hias punya harga yang lumayan tinggi supaya banyak termasuk yang membudidayakan style ini untuk dijual.


 


Ada lebih berasal dari 70-an spesies ikan cupang di bumi ini yang diketahui. Sedangkan yang belum diketahui bisa saja tetap amat banyak.


 


Mendapatkan Bibit Ikan Cupang Berkualitas


Untuk beroleh bibit ikan cupang memiliki kualitas wajib dikerjakan pengecekan yang cermat. Kalau Anda bibitnya adalah bibit beli, maka Anda mesti cermat membeli supaya ikan cupang hasil ternak Anda memiliki kualitas tinggi.


 


Hal yang mesti diperhatikan untuk memperoleh bibit ikan cupang memiliki kualitas juga induk betina dan jantan yaitu:


 


 


 


Lihat sirip perut, ekor dan dubur apakah ada cacat.


Hindari sisik ikan yang tersedia luka.


Indukan jantan di cek tingkat agresifnya dengan mendekatkan jari tangan. Apabila indukan jantan memasuki mode menyerang dikarenakan melihat jari tangan Anda berarti indukan jantan selanjutnya berkualitas. Cara mudah budidaya ikan cupang


Tanyakan apakah indukan berikut udah dulu laksanakan perkawinan atau belum.


Lihat mata ikan apakah ada mempunyai masalah atau tidak.


Kondisi mesti bugar, bebas penyakit atau cacat.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


Ikan cupang jantan dan betina sebetulnya sangat enteng dibedakan. Bagi penyuka ikan cupang di dalam saat singkat pasti mampu segera mengenali ikan cupang jantan dengan yang betina.


 


Berikut adalah gambar perbedaan berasal dari ikan cupang betina bersama ikan cupang jantan.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


 


 


 


Cara membedakan cupang jantan dengan betina:


1. Pada cupang jantan, gerakannya lincah dan cenderung indah. Sedangkan cupang betina muncul lamban dan lusuh.


2. Sirip ekor terhadap cupang jantan lebih besar dan lebar. Pada cupang betina sirip ekor nampak kecil.


3. Perut pada cupang jantan langsing, tetapi cupang betina terlihat berisi.


 


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Wadah yang diperlukan adalah akuarium dengan ukuran minimal 30cm x 30cm. Kemudian wadah terhitung mesti dimasukkan tumbuhan pendukung yakni kapu-kapu (pistia stratiotes). Jika di daerah Anda tidak ada tumbuhan ini sanggup juga manfaatkan eceng gondok.


 


Sangat disarankan memakai tumbuhan kapu-kapu gara-gara tumbuhan ini kerap ada di habitat alami ikan cupang. Selain itu, akar tumbuhan ini lebih pas menunjang gelembung-gelembung yang nantinya digunakan untuk penempatan telur ikan.


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Tumbuhan kapu-kapu kerap disebut juga bersama dengan nama apu-apu. Di tempat saya tumbuhan ini cukup susah ditemui.


 


Masukkan air yang udah di endap setinggi 10 ~ 15 cm dari dasar wadah. Batasan air 15 cm supaya ikan cupang jantan tidak kecapekan memungut banyaknya telur sehabis pembuahan terjadi.


 


Biarkan sepanjang minimal 2 hari barulah wadah siap digunakan.


 


Proses Perkenalan dan Perkawinan Ikan Cupang


Untuk mengawali proses ini sebaiknya Anda mengikuti cara yang saya melakukan agar berhasil.


1. Masukkan Pejantan di Wadah Selama 1 Hari


Masukkan khususnya dahulu ikan cupang yang jantan ke wadah pijah sepanjang 1 hari sehingga terbiasa. Beri makan yang banyak agar ikan cupang jantan gemuk. Beri makan juga ikan cupang betina gemuk sebab disaat sistem pemijahan, ikan ini tidak makan apapun.


 


2. Kenalkan bersama Betina


Sebelum memasukkan ikan cupang betina ke dalam wadah pijah, pisahkan pernah pada wadah kaca yang berbeda. Untuk sebabkan ikan ini saling kenal maka biarkan ikan cupang jantan mampu menyaksikan cupang betina.


Pejantan Mengeluarkan Buih Pertanda Siap Kawin


Jika cupang jantan siap kawin, maka dia akan mengeluarkan buih-buih di sekitar tumbuhan apung yang Anda masukkan. Setelah buih memadai banyak barulah ikan cupang betina sanggup dicampur ke wadah pemijahan.


 


3. Proses Pemijahan Ikan Cupang


Pada awal pencampuran, ikan cupang betina dapat di hajar habis-habisan oleh ikan cupang jantan. Cara ini dijalankan pejantan untuk menaklukkan ego berasal dari ikan cupang betina.


 


Pada ikan cupang, dibiarkan saja jikalau berlangsung perihal ini. Biasanya sesudah 1 harian, bakal baikan ke dua ikan dan terjadilah proses pemijahan. Proses itu biasanya berlangsung pada pagi hari sekitar jam 9 pagi.


 


Terkadang disaat lihat ikan jantan gebukin ikan betina, saya berpikir jika sistem perkawinan manusia seperti itu rasanya sakit sekali ya wanitanya. Gimana gak sakit, berkenan dimadu tapi digebukin habis-habisan dulu. Hahaha..


 


Wadah pemijahan sebaiknya di tutupi keempat segi bersama karton atau penutup lainnya sehingga proses pemijahan mampu berlangsung lancar. Berdasar pengalaman aku sewaktu kecil, saya tidak menutup wadah.


 


Sewaktu ikan cupangnya telah mesra-mesra berkenan jalankan pemijahan, ikannya melihat kucing liar lewat. Akhirnya gagal deh pemijahannya. Mungkin layaknya manusia juga, kecuali tengah ‘itu’ diliat orang lain kan malu.


 


 


 


Proses Pemijahan Ikan Cupang<


Proses pemijahan ditandai dengan melilitnya ikan cupang jantan terhadap tubuh ikan cupang betina. Setelah melilit beberapa lama, ikan cupang betina akan mengeluarkan telur. Ikan jantan akan langsung memungut telur yang udah dibuahi dengan mulutnya dan memasukkannya terhadap buih yang udah dibuatnya.


 


4. Video Proses Pemijahan Ikan Cupang


 


 


Ketika berlangsung proses ini benar-benar mutlak memelihara sehingga buih tidak pecah atau terkena sesuatu. Saya pernah dulu gagal karena tumbuhan area ikan letakkan buihnya dicabut anak paman yang masih kecil. Karena aku tempatkan wadah terhadap area yang rendah, anak paman saya tepat datang memandang ada tumbuhan segera dicaploknya.


 


5. Memisahkan Betina


Walaupun Anda menutup keempat sisi wadah, Anda masih sanggup lihat kegiatan ikan bersama dengan mengintip. Pastikan ikan tidak paham tengah di intip agar tidak berlangsung kegagalan.


 


Setelah indukan betina tidak mengeluarkan telur lagi, maka segera keluarkan berasal dari wadah pemijahan. Jika tidak dikeluarkan cuma dapat berlangsung dua perihal yaitu adu jotos indukan jantan bersama dengan betina atau telur-telurnya dimakan cupang betina.


 


6. Pisahkan Pejantan


Telur dapat menetas setelah tidak cukup lebih 2 hari. Biarkan saja burayak bersama ayahnya selama 3 hari. Pada hari keempat, Anda dapat menambahkan kutu air untuk dimakan burayak dan indukan jantan.


 


Pemberian makan terhadap indukan jantan tidak boleh sangat lama. Apabila indukan jantan memangsa burayak, langsung beri makan biarpun belum sampai hari keempat.


 


 


 


Hal ini bisa berjalan gara-gara kelelahan, kecapekan dan kelaparan pada indukan jantan sehabis proses pemijahan.


 


Jika Anda merawat dengan benar, sehabis 2 minggu barulah indukan jantan dikeluarkan berasal dari wadah.


 


PENTING! memperhatikan seksama sistem perawatan berasal dari induk jantan kepada burayak. Apabila Anda lihat indukan jantan memangsa burayak padahal sudah Anda beri makan kutu air, langsung keluarkan dia. (Hal ini bisa berlangsung dikarenakan indukan jantan berumur kurang berasal dari 5 bulan)


 


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


Perawatan pada burayak sesudah terlepas dari indukan jantan tidaklah benar-benar sulit. Hal yang perlu diperhatikan dalam perawatannya adalah:


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


1. Apabila wadah muncul padat oleh burayak, segera pindahkan pada wadah lebih besar.


2. Beri makan kutu air dan jentik merah secara berkala jikalau burayak dipersiapkan untuk di laga.


3. Anda sanggup memasukkan daun ketapang pada wadah untuk menjaga burayak dari infeksi jamur dan bakteri. (Daun ketapang perlu di proses dulu sebelum dimasukkan. Baca : Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif)


4. Ganti air secara bertahap apabila udah nampak keruh.


5. Masukkan aerator dan setel oksigen tingkat menengah agar menjaga burayak tidak kehabisan oksigen.


6. Setelah 1,5 bulan sejak menetas, ikan-ikan ini telah boleh dipisahkan menurut style kelaminnya ke wadah yang berbeda.


7. Khusus ikan cupang jenis kelamin jantan, pisahkan ikan terhadap wadah-wadah yang tidak serupa supaya tidak saling serang.


 


Sedikit Pengalaman Saya Budidaya Ikan Cupang


Saya sejak kecil mengenal ikan cupang dan memeliharanya untuk sebatas berlaga bersama dengan ikan teman. Ketika saya kecil tetap belum begitu sadar cara budidaya ikan cupang yang benar agar cenderung gagal.


 


Tetapi untuk urusan laga ikan, aku sejak kecil telah tahu perlu diberi makan apa saja ikan ini supaya kuat.


 


 


 


Dari kecil burayak paling bagus diberi kutu air. Setelah giginya cukup kuat, usia kira-kira 1 ~ 1,5 bulan, beri makan jentik merah.


 


Biasanya jentik merah dibeli didalam situasi beku. Anda harus mencairkannya khususnya dahulu baru sanggup beri makan pada ikan.


 


Jentik merah tidak layaknya cacing sutera, tingkat pencemaran pada air lebih rendah.


 


Pemberian makan cacing sutera kepada ikan mesti tersedia aeratornya supaya cacing tidak cepat mati membusuk dan mencemari air. Sewaktu dulu aku belum pengalaman, sudah banyak ikan cupang mati gara-gara tidak saya memperhatikan airnya.


 


Saya beri makan cacing sutera dan cacingnya mati membusuk, tidak saya tukar pula airnya, pada akhirnya ikan cupangnya terhitung turut mati. Hal ini telah terjadi beberapa kali dan membuat saya cukup trauma saat itu.


 


Dengan memberi makan kutu air dan jentik merah, ikan cupang laga yang aku budidaya kerap menang dalam kontes laga. Selain itu menambahkan daun ketapang juga benar-benar berpengaruh. Well, hingga sini pernah pembahasan kami mengenai Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap dengan Gambar.


 


Artikel Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap bersama dengan Gambar ini terbukti sukses dikarenakan udah saya lalui sendiri sebagai pembudidaya ikan cupang yang berpengalaman.


 

0 Response to "gambar ikan cupang hias juara"

Posting Komentar