harga ikan cupang hias jakarta

Mengenal Ikan Cupang


cara mudah budidaya ikan cupang


Bagi pecinta ikan, budidaya ikan laga cupang pasti jadi keliru satu pengalaman tersendiri. Ada yang budidaya ikan ini untuk hanyalah hobi, ada terhitung yang untuk dijual. Pertanian organik


 


Paling banyak ikan cupang yang dibudidaya adalah type ikan cupang laga. Sedangkan ikan cupang hias miliki harga yang memadai tinggi agar banyak termasuk yang membudidayakan model ini untuk dijual.


 


Ada lebih berasal dari 70-an spesies ikan cupang di bumi ini yang diketahui. Sedangkan yang belum diketahui kemungkinan masih terlampau banyak.


 


Mendapatkan Bibit Ikan Cupang Berkualitas


Untuk meraih bibit ikan cupang berkualitas mesti dikerjakan pengecekan yang cermat. Kalau Anda bibitnya adalah bibit beli, maka Anda mesti detail membeli sehingga ikan cupang hasil ternak Anda berkwalitas tinggi.


 


Hal yang perlu diperhatikan untuk beroleh bibit ikan cupang memiliki kwalitas terhitung induk betina dan jantan yaitu:


 


 


 


Lihat sirip perut, ekor dan dubur apakah ada cacat.


Hindari sisik ikan yang ada luka.


Indukan jantan di cek tingkat agresifnya dengan mendekatkan jari tangan. Apabila indukan jantan memasuki mode menyerang dikarenakan menyaksikan jari tangan Anda berarti indukan jantan berikut berkualitas. Cara mudah budidaya ikan cupang


Tanyakan apakah indukan berikut telah pernah melakukan perkawinan atau belum.


Lihat mata ikan apakah tersedia memiliki masalah atau tidak.


Kondisi harus bugar, bebas penyakit atau cacat.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


Ikan cupang jantan dan betina sebenarnya sangat ringan dibedakan. Bagi penyuka ikan cupang dalam sementara singkat pasti bisa segera mengenali ikan cupang jantan dengan yang betina.


 


Berikut adalah gambar perbedaan berasal dari ikan cupang betina bersama ikan cupang jantan.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


 


 


 


Cara membedakan cupang jantan bersama dengan betina:


1. Pada cupang jantan, gerakannya lincah dan cenderung indah. Sedangkan cupang betina terlihat lamban dan lusuh.


2. Sirip ekor terhadap cupang jantan lebih besar dan lebar. Pada cupang betina sirip ekor terlihat kecil.


3. Perut pada cupang jantan langsing, namun cupang betina nampak berisi.


 


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Wadah yang dibutuhkan adalah akuarium dengan ukuran sekurang-kurangnya 30cm x 30cm. Kemudian wadah juga wajib dimasukkan tumbuhan pendukung yaitu kapu-kapu (pistia stratiotes). Jika di daerah Anda tidak tersedia tumbuhan ini mampu juga manfaatkan eceng gondok.


 


Sangat disarankan memakai tumbuhan kapu-kapu sebab tumbuhan ini kerap ada di habitat alami ikan cupang. Selain itu, akar tumbuhan ini lebih tepat mendukung gelembung-gelembung yang nantinya digunakan untuk penempatan telur ikan.


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Tumbuhan kapu-kapu sering disebut juga bersama dengan nama apu-apu. Di area aku tumbuhan ini cukup sukar ditemui.


 


Masukkan air yang telah di endap setinggi 10 ~ 15 cm berasal dari dasar wadah. Batasan air 15 cm sehingga ikan cupang jantan tidak kecapekan memungut banyaknya telur sehabis pembuahan terjadi.


 


Biarkan sepanjang minimal 2 hari barulah wadah siap digunakan.


 


Proses Perkenalan dan Perkawinan Ikan Cupang


Untuk memulai sistem ini sebaiknya Anda ikuti cara yang aku melakukan sehingga berhasil.


1. Masukkan Pejantan di Wadah Selama 1 Hari


Masukkan terlebih dahulu ikan cupang yang jantan ke wadah pijah sepanjang 1 hari supaya terbiasa. Beri makan yang banyak agar ikan cupang jantan gemuk. Beri makan terhitung ikan cupang betina gemuk karena disaat proses pemijahan, ikan ini tidak makan apapun.


 


2. Kenalkan dengan Betina


Sebelum memasukkan ikan cupang betina ke didalam wadah pijah, pisahkan dulu pada wadah kaca yang berbeda. Untuk membuat ikan ini saling kenal maka biarkan ikan cupang jantan sanggup memandang cupang betina.


Pejantan Mengeluarkan Buih Pertanda Siap Kawin


Jika cupang jantan siap kawin, maka dia dapat mengeluarkan buih-buih di lebih kurang tumbuhan apung yang Anda masukkan. Setelah buih cukup banyak barulah ikan cupang betina sanggup dicampur ke wadah pemijahan.


 


3. Proses Pemijahan Ikan Cupang


Pada awal pencampuran, ikan cupang betina bakal di hajar habis-habisan oleh ikan cupang jantan. Cara ini dijalankan pejantan untuk menaklukkan ego dari ikan cupang betina.


 


Pada ikan cupang, dibiarkan saja jikalau berlangsung perihal ini. Biasanya setelah 1 harian, dapat baikan kedua ikan dan terjadilah sistem pemijahan. Proses itu kebanyakan terjadi terhadap pagi hari kira-kira jam 9 pagi.


 


Terkadang saat lihat ikan jantan gebukin ikan betina, saya berpikir jika sistem perkawinan manusia seperti itu rasanya sakit sekali ya wanitanya. Gimana gak sakit, rela dimadu namun digebukin habis-habisan dulu. Hahaha..


 


Wadah pemijahan sebaiknya di tutupi keempat segi dengan karton atau penutup lainnya sehingga proses pemijahan dapat berlangsung lancar. Berdasar pengalaman saya sewaktu kecil, aku tidak menutup wadah.


 


Sewaktu ikan cupangnya udah mesra-mesra mau jalankan pemijahan, ikannya melihat kucing liar lewat. Akhirnya gagal deh pemijahannya. Mungkin seperti manusia juga, kalau sedang ‘itu’ diliat orang lain kan malu.


 


 


 


Proses Pemijahan Ikan Cupang<


Proses pemijahan ditandai dengan melilitnya ikan cupang jantan terhadap tubuh ikan cupang betina. Setelah melilit beberapa lama, ikan cupang betina akan mengeluarkan telur. Ikan jantan akan segera memungut telur yang udah dibuahi bersama mulutnya dan memasukkannya pada buih yang udah dibuatnya.


 


4. Video Proses Pemijahan Ikan Cupang


 


 


Ketika terjadi proses ini sangat mutlak memelihara sehingga buih tidak pecah atau terkena sesuatu. Saya dulu pernah gagal dikarenakan tumbuhan tempat ikan meletakkan buihnya dicabut anak paman yang masih kecil. Karena aku tempatkan wadah pada area yang rendah, anak paman saya pas mampir memandang tersedia tumbuhan segera dicaploknya.


 


5. Memisahkan Betina


Walaupun Anda menutup keempat segi wadah, Anda masih mampu memandang kegiatan ikan bersama mengintip. Pastikan ikan tidak menyadari sedang di intip sehingga tidak berjalan kegagalan.


 


Setelah indukan betina tidak mengeluarkan telur lagi, maka segera keluarkan berasal dari wadah pemijahan. Jika tidak dikeluarkan hanya akan berlangsung dua perihal yaitu adu jotos indukan jantan bersama betina atau telur-telurnya dimakan cupang betina.


 


6. Pisahkan Pejantan


Telur akan menetas sehabis kurang lebih 2 hari. Biarkan saja burayak dengan ayahnya sepanjang 3 hari. Pada hari keempat, Anda sanggup mengimbuhkan kutu air untuk dimakan burayak dan indukan jantan.


 


Pemberian makan pada indukan jantan tidak boleh sangat lama. Apabila indukan jantan memangsa burayak, segera beri makan biarpun belum hingga hari keempat.


 


 


 


Hal ini mampu berlangsung gara-gara kelelahan, kecapekan dan kelaparan pada indukan jantan sesudah proses pemijahan.


 


Jika Anda melindungi bersama benar, sehabis 2 minggu barulah indukan jantan dikeluarkan dari wadah.


 


PENTING! mencermati seksama sistem perawatan berasal dari induk jantan kepada burayak. Apabila Anda menyaksikan indukan jantan memangsa burayak padahal sudah Anda beri makan kutu air, langsung keluarkan dia. (Hal ini mampu berjalan karena indukan jantan berumur kurang dari 5 bulan)


 


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


Perawatan pada burayak sehabis terlepas dari indukan jantan tidaklah benar-benar sulit. Hal yang wajib diperhatikan didalam perawatannya adalah:


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


1. Apabila wadah nampak padat oleh burayak, langsung pindahkan terhadap wadah lebih besar.


2. Beri makan kutu air dan jentik merah secara berkala bila burayak dipersiapkan untuk di laga.


3. Anda dapat memasukkan daun ketapang terhadap wadah untuk memelihara burayak dari infeksi jamur dan bakteri. (Daun ketapang perlu di proses dulu sebelum dimasukkan. Baca : Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif)


4. Ganti air secara bertahap jikalau udah nampak keruh.


5. Masukkan aerator dan setel oksigen tingkat menengah agar melindungi burayak tidak kehabisan oksigen.


6. Setelah 1,5 bulan sejak menetas, ikan-ikan ini sudah boleh dipisahkan menurut tipe kelaminnya ke wadah yang berbeda.


7. Khusus ikan cupang tipe kelamin jantan, pisahkan ikan pada wadah-wadah yang berbeda sehingga tidak saling serang.


 


Sedikit Pengalaman Saya Budidaya Ikan Cupang


Saya sejak kecil mengenal ikan cupang dan memeliharanya untuk hanya berlaga dengan ikan teman. Ketika aku kecil masih belum begitu memahami cara budidaya ikan cupang yang benar sehingga condong gagal.


 


Tetapi untuk urusan laga ikan, aku sejak kecil telah paham perlu diberi makan apa saja ikan ini sehingga kuat.


 


 


 


Dari kecil burayak paling bagus diberi kutu air. Setelah giginya lumayan kuat, usia sekitar 1 ~ 1,5 bulan, beri makan jentik merah.


 


Biasanya jentik merah dibeli didalam suasana beku. Anda wajib mencairkannya terlebih dahulu baru mampu beri makan pada ikan.


 


Jentik merah tidak seperti cacing sutera, tingkat pencemaran terhadap air lebih rendah.


 


Pemberian makan cacing sutera kepada ikan harus ada aeratornya agar cacing tidak cepat mati membusuk dan mencemari air. Sewaktu pernah saya belum pengalaman, sudah banyak ikan cupang mati dikarenakan tidak aku menyimak airnya.


 


Saya beri makan cacing sutera dan cacingnya mati membusuk, tidak aku ganti pula airnya, kelanjutannya ikan cupangnya juga ikut mati. Hal ini udah berjalan berkali-kali dan sebabkan saya cukup trauma selagi itu.


 


Dengan berikan makan kutu air dan jentik merah, ikan cupang laga yang aku budidaya sering menang didalam kontes laga. Selain itu menambahkan daun ketapang termasuk terlampau berpengaruh. Well, sampai sini dulu pembahasan kita berkenaan Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap bersama dengan Gambar.


 


Artikel Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap bersama dengan Gambar ini terbukti sukses gara-gara sudah saya lalui sendiri sebagai pembudidaya ikan cupang yang berpengalaman.


 

0 Response to "harga ikan cupang hias jakarta"

Posting Komentar