ikan cupang hias termahal di indonesia

Mengenal Ikan Cupang


cara mudah budidaya ikan cupang


Bagi pengagum ikan, budidaya ikan laga cupang pasti menjadi keliru satu pengalaman tersendiri. Ada yang budidaya ikan ini untuk sekedar hobi, tersedia terhitung yang untuk dijual. Pertanian organik


 


Paling banyak ikan cupang yang dibudidaya adalah jenis ikan cupang laga. Sedangkan ikan cupang hias memiliki harga yang cukup tinggi supaya banyak terhitung yang membudidayakan style ini untuk dijual.


 


Ada lebih berasal dari 70-an spesies ikan cupang di bumi ini yang diketahui. Sedangkan yang belum diketahui kemungkinan tetap terlalu banyak.


 


Mendapatkan Bibit Ikan Cupang Berkualitas


Untuk mendapatkan bibit ikan cupang berkualitas perlu ditunaikan pemeriksaan yang cermat. Kalau Anda bibitnya adalah bibit beli, maka Anda mesti teliti membeli agar ikan cupang hasil ternak Anda memiliki kualitas tinggi.


 


Hal yang harus diperhatikan untuk beroleh bibit ikan cupang memiliki kwalitas terhitung induk betina dan jantan yaitu:


 


 


 


Lihat sirip perut, ekor dan dubur apakah ada cacat.


Hindari sisik ikan yang tersedia luka.


Indukan jantan di cek tingkat agresifnya bersama mendekatkan jari tangan. Apabila indukan jantan memasuki mode menyerang sebab melihat jari tangan Anda artinya indukan jantan berikut berkualitas. Cara mudah budidaya ikan cupang


Tanyakan apakah indukan berikut telah pernah laksanakan perkawinan atau belum.


Lihat mata ikan apakah tersedia mempunyai masalah atau tidak.


Kondisi perlu bugar, bebas penyakit atau cacat.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


Ikan cupang jantan dan betina sesungguhnya amat gampang dibedakan. Bagi penyuka ikan cupang didalam selagi singkat tentu mampu segera mengetahui ikan cupang jantan bersama dengan yang betina.


 


Berikut adalah gambar perbedaan berasal dari ikan cupang betina bersama dengan ikan cupang jantan.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


 


 


 


Cara membedakan cupang jantan dengan betina:


1. Pada cupang jantan, gerakannya lincah dan cenderung indah. Sedangkan cupang betina keluar lamban dan lusuh.


2. Sirip ekor terhadap cupang jantan lebih besar dan lebar. Pada cupang betina sirip ekor terlihat kecil.


3. Perut pada cupang jantan langsing, namun cupang betina terlihat berisi.


 


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Wadah yang dibutuhkan adalah akuarium bersama dengan ukuran sekurang-kurangnya 30cm x 30cm. Kemudian wadah terhitung mesti dimasukkan tumbuhan pendukung yakni kapu-kapu (pistia stratiotes). Jika di daerah Anda tidak tersedia tumbuhan ini bisa juga menggunakan eceng gondok.


 


Sangat direkomendasi gunakan tumbuhan kapu-kapu sebab tumbuhan ini sering tersedia di habitat alami ikan cupang. Selain itu, akar tumbuhan ini lebih tepat menolong gelembung-gelembung yang nantinya digunakan untuk penempatan telur ikan.


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Tumbuhan kapu-kapu sering disebut terhitung dengan nama apu-apu. Di area aku tumbuhan ini cukup susah ditemui.


 


Masukkan air yang udah di endap setinggi 10 ~ 15 cm berasal dari dasar wadah. Batasan air 15 cm agar ikan cupang jantan tidak kecapekan memungut banyaknya telur setelah pembuahan terjadi.


 


Biarkan selama sekurang-kurangnya 2 hari barulah wadah siap digunakan.


 


Proses Perkenalan dan Perkawinan Ikan Cupang


Untuk mengawali proses ini sebaiknya Anda mengikuti cara yang saya melaksanakan agar berhasil.


1. Masukkan Pejantan di Wadah Selama 1 Hari


Masukkan terutama dahulu ikan cupang yang jantan ke wadah pijah selama 1 hari supaya terbiasa. Beri makan yang banyak sehingga ikan cupang jantan gemuk. Beri makan juga ikan cupang betina gemuk dikarenakan disaat proses pemijahan, ikan ini tidak makan apapun.


 


2. Kenalkan dengan Betina


Sebelum memasukkan ikan cupang betina ke didalam wadah pijah, pisahkan dulu pada wadah kaca yang berbeda. Untuk mengakibatkan ikan ini saling kenal maka biarkan ikan cupang jantan sanggup melihat cupang betina.


Pejantan Mengeluarkan Buih Pertanda Siap Kawin


Jika cupang jantan siap kawin, maka dia akan mengeluarkan buih-buih di sekitar tumbuhan apung yang Anda masukkan. Setelah buih cukup banyak barulah ikan cupang betina sanggup dicampur ke wadah pemijahan.


 


3. Proses Pemijahan Ikan Cupang


Pada awal pencampuran, ikan cupang betina dapat di hajar habis-habisan oleh ikan cupang jantan. Cara ini ditunaikan pejantan untuk menaklukkan ego berasal dari ikan cupang betina.


 


Pada ikan cupang, dibiarkan saja terkecuali terjadi hal ini. Biasanya sehabis 1 harian, akan baikan ke-2 ikan dan terjadilah proses pemijahan. Proses itu umumnya berjalan pada pagi hari kurang lebih jam 9 pagi.


 


Terkadang saat lihat ikan jantan gebukin ikan betina, saya berpikir jikalau proses perkawinan manusia layaknya itu rasanya sakit sekali ya wanitanya. Gimana gak sakit, berkenan dimadu namun digebukin habis-habisan dulu. Hahaha..


 


Wadah pemijahan sebaiknya di tutupi keempat segi dengan karton atau penutup lainnya agar sistem pemijahan mampu terjadi lancar. Berdasar pengalaman aku sewaktu kecil, saya tidak menutup wadah.


 


Sewaktu ikan cupangnya telah mesra-mesra berkenan laksanakan pemijahan, ikannya memandang kucing liar lewat. Akhirnya gagal deh pemijahannya. Mungkin seperti manusia juga, kecuali sedang ‘itu’ diliat orang lain kan malu.


 


 


 


Proses Pemijahan Ikan Cupang<


Proses pemijahan ditandai dengan melilitnya ikan cupang jantan terhadap tubuh ikan cupang betina. Setelah melilit beberapa lama, ikan cupang betina akan mengeluarkan telur. Ikan jantan bakal segera memungut telur yang sudah dibuahi bersama mulutnya dan memasukkannya terhadap buih yang telah dibuatnya.


 


4. Video Proses Pemijahan Ikan Cupang


 


 


Ketika terjadi sistem ini amat perlu merawat sehingga buih tidak pecah atau terkena sesuatu. Saya dulu dulu gagal dikarenakan tumbuhan daerah ikan menempatkan buihnya dicabut anak paman yang tetap kecil. Karena saya letakkan wadah pada tempat yang rendah, anak paman saya pas singgah menyaksikan tersedia tumbuhan langsung dicaploknya.


 


5. Memisahkan Betina


Walaupun Anda menutup keempat segi wadah, Anda tetap sanggup lihat kegiatan ikan bersama mengintip. Pastikan ikan tidak mengetahui sedang di intip agar tidak berjalan kegagalan.


 


Setelah indukan betina tidak mengeluarkan telur lagi, maka segera keluarkan berasal dari wadah pemijahan. Jika tidak dikeluarkan cuma bakal terjadi dua perihal yakni adu jotos indukan jantan dengan betina atau telur-telurnya dimakan cupang betina.


 


6. Pisahkan Pejantan


Telur bakal menetas sesudah tidak cukup lebih 2 hari. Biarkan saja burayak bersama ayahnya sepanjang 3 hari. Pada hari keempat, Anda bisa memberikan kutu air untuk dimakan burayak dan indukan jantan.


 


Pemberian makan pada indukan jantan tidak boleh terlampau lama. Apabila indukan jantan memangsa burayak, langsung beri makan kendati belum sampai hari keempat.


 


 


 


Hal ini dapat berlangsung dikarenakan kelelahan, kecapekan dan kelaparan pada indukan jantan sehabis proses pemijahan.


 


Jika Anda melindungi dengan benar, sehabis 2 minggu barulah indukan jantan dikeluarkan berasal dari wadah.


 


PENTING! mencermati seksama proses perawatan dari induk jantan kepada burayak. Apabila Anda lihat indukan jantan memangsa burayak padahal sudah Anda beri makan kutu air, langsung keluarkan dia. (Hal ini dapat berjalan karena indukan jantan berumur tidak cukup dari 5 bulan)


 


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


Perawatan pada burayak setelah lepas dari indukan jantan tidaklah terlampau sulit. Hal yang mesti diperhatikan dalam perawatannya adalah:


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


1. Apabila wadah terlihat padat oleh burayak, langsung pindahkan terhadap wadah lebih besar.


2. Beri makan kutu air dan jentik merah secara berkala apabila burayak dipersiapkan untuk di laga.


3. Anda sanggup memasukkan daun ketapang terhadap wadah untuk menjaga burayak dari infeksi jamur dan bakteri. (Daun ketapang perlu di sistem pernah sebelum saat dimasukkan. Baca : Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif)


4. Ganti air secara bertahap apabila telah kelihatan keruh.


5. Masukkan aerator dan setel oksigen tingkat menengah agar melindungi burayak tidak kehabisan oksigen.


6. Setelah 1,5 bulan sejak menetas, ikan-ikan ini sudah boleh dipisahkan menurut style kelaminnya ke wadah yang berbeda.


7. Khusus ikan cupang jenis kelamin jantan, pisahkan ikan pada wadah-wadah yang tidak serupa agar tidak saling serang.


 


Sedikit Pengalaman Saya Budidaya Ikan Cupang


Saya sejak kecil mengenal ikan cupang dan memeliharanya untuk sebatas berlaga bersama dengan ikan teman. Ketika aku kecil tetap belum begitu memahami cara budidaya ikan cupang yang benar agar condong gagal.


 


Tetapi untuk urusan laga ikan, saya sejak kecil udah memahami perlu diberi makan apa saja ikan ini agar kuat.


 


 


 


Dari kecil burayak paling bagus diberi kutu air. Setelah giginya lumayan kuat, umur lebih kurang 1 ~ 1,5 bulan, beri makan jentik merah.


 


Biasanya jentik merah dibeli dalam suasana beku. Anda mesti mencairkannya terlebih dahulu baru sanggup beri makan pada ikan.


 


Jentik merah tidak seperti cacing sutera, tingkat pencemaran terhadap air lebih rendah.


 


Pemberian makan cacing sutera kepada ikan kudu ada aeratornya sehingga cacing tidak cepat mati membusuk dan mencemari air. Sewaktu dulu aku belum pengalaman, udah banyak ikan cupang mati gara-gara tidak aku menyimak airnya.


 


Saya beri makan cacing sutera dan cacingnya mati membusuk, tidak saya ganti pula airnya, selanjutnya ikan cupangnya juga turut mati. Hal ini udah berlangsung berulang-kali dan mengakibatkan saya lumayan trauma pas itu.


 


Dengan memberi makan kutu air dan jentik merah, ikan cupang laga yang aku budidaya sering menang didalam kontes laga. Selain itu menambahkan daun ketapang juga sangat berpengaruh. Well, sampai sini dulu pembahasan kami perihal Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap bersama dengan Gambar.


 


Artikel Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap bersama dengan Gambar ini terbukti berhasil gara-gara udah saya lalui sendiri sebagai pembudidaya ikan cupang yang berpengalaman.


 

0 Response to "ikan cupang hias termahal di indonesia"

Posting Komentar