harga ikan cupang hias halfmoon

Mengenal Ikan Cupang


cara mudah budidaya ikan cupang


Bagi fans ikan, budidaya ikan laga cupang tentu menjadi salah satu pengalaman tersendiri. Ada yang budidaya ikan ini untuk cuman hobi, tersedia termasuk yang untuk dijual. Pertanian organik


 


Paling banyak ikan cupang yang dibudidaya adalah tipe ikan cupang laga. Sedangkan ikan cupang hias memiliki harga yang lumayan tinggi agar banyak terhitung yang membudidayakan jenis ini untuk dijual.


 


Ada lebih berasal dari 70-an spesies ikan cupang di bumi ini yang diketahui. Sedangkan yang belum diketahui barangkali tetap terlampau banyak.


 


Mendapatkan Bibit Ikan Cupang Berkualitas


Untuk meraih bibit ikan cupang memiliki kualitas mesti dilaksanakan kontrol yang cermat. Kalau Anda bibitnya adalah bibit beli, maka Anda perlu detail belanja supaya ikan cupang hasil ternak Anda berkwalitas tinggi.


 


Hal yang harus diperhatikan untuk meraih bibit ikan cupang berkwalitas juga induk betina dan jantan yaitu:


 


 


 


Lihat sirip perut, ekor dan dubur apakah tersedia cacat.


Hindari sisik ikan yang ada luka.


Indukan jantan di cek tingkat agresifnya dengan mendekatkan jari tangan. Apabila indukan jantan memasuki mode menyerang dikarenakan memandang jari tangan Anda bermakna indukan jantan tersebut berkualitas. Cara mudah budidaya ikan cupang


Tanyakan apakah indukan berikut telah dulu lakukan perkawinan atau belum.


Lihat mata ikan apakah ada memiliki masalah atau tidak.


Kondisi harus bugar, bebas penyakit atau cacat.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


Ikan cupang jantan dan betina memang benar-benar ringan dibedakan. Bagi penyuka ikan cupang di dalam pas singkat pasti mampu langsung mengetahui ikan cupang jantan dengan yang betina.


 


Berikut adalah gambar perbedaan dari ikan cupang betina bersama dengan ikan cupang jantan.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


 


 


 


Cara membedakan cupang jantan bersama betina:


1. Pada cupang jantan, gerakannya lincah dan condong indah. Sedangkan cupang betina keluar lamban dan lusuh.


2. Sirip ekor pada cupang jantan lebih besar dan lebar. Pada cupang betina sirip ekor terlihat kecil.


3. Perut terhadap cupang jantan langsing, namun cupang betina terlihat berisi.


 


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Wadah yang diperlukan adalah akuarium dengan ukuran sedikitnya 30cm x 30cm. Kemudian wadah terhitung mesti dimasukkan tumbuhan pendukung yakni kapu-kapu (pistia stratiotes). Jika di tempat Anda tidak ada tumbuhan ini mampu termasuk manfaatkan eceng gondok.


 


Sangat disarankan manfaatkan tumbuhan kapu-kapu sebab tumbuhan ini kerap tersedia di habitat alami ikan cupang. Selain itu, akar tumbuhan ini lebih tepat mendukung gelembung-gelembung yang nantinya digunakan untuk penempatan telur ikan.


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Tumbuhan kapu-kapu kerap disebut juga dengan nama apu-apu. Di daerah aku tumbuhan ini cukup sukar ditemui.


 


Masukkan air yang sudah di endap setinggi 10 ~ 15 cm berasal dari basic wadah. Batasan air 15 cm sehingga ikan cupang jantan tidak kecapekan memungut banyaknya telur setelah pembuahan terjadi.


 


Biarkan selama minimal 2 hari barulah wadah siap digunakan.


 


Proses Perkenalan dan Perkawinan Ikan Cupang


Untuk mengawali sistem ini sebaiknya Anda mengikuti langkah yang saya lakukan agar berhasil.


1. Masukkan Pejantan di Wadah Selama 1 Hari


Masukkan terutama dahulu ikan cupang yang jantan ke wadah pijah sepanjang 1 hari sehingga terbiasa. Beri makan yang banyak agar ikan cupang jantan gemuk. Beri makan terhitung ikan cupang betina gemuk dikarenakan saat proses pemijahan, ikan ini tidak makan apapun.


 


2. Kenalkan dengan Betina


Sebelum memasukkan ikan cupang betina ke di dalam wadah pijah, pisahkan pernah pada wadah kaca yang berbeda. Untuk membawa dampak ikan ini saling kenal maka biarkan ikan cupang jantan dapat menyaksikan cupang betina.


Pejantan Mengeluarkan Buih Pertanda Siap Kawin


Jika cupang jantan siap kawin, maka dia bakal mengeluarkan buih-buih di lebih kurang tumbuhan apung yang Anda masukkan. Setelah buih lumayan banyak barulah ikan cupang betina mampu dicampur ke wadah pemijahan.


 


3. Proses Pemijahan Ikan Cupang


Pada awal pencampuran, ikan cupang betina bakal di hajar habis-habisan oleh ikan cupang jantan. Cara ini ditunaikan pejantan untuk menaklukkan ego berasal dari ikan cupang betina.


 


Pada ikan cupang, dibiarkan saja jika terjadi perihal ini. Biasanya setelah 1 harian, dapat baikan kedua ikan dan terjadilah proses pemijahan. Proses itu kebanyakan berlangsung terhadap pagi hari kurang lebih jam 9 pagi.


 


Terkadang dikala melihat ikan jantan gebukin ikan betina, saya berpikir kecuali proses perkawinan manusia layaknya itu rasanya sakit sekali ya wanitanya. Gimana gak sakit, sudi dimadu tetapi digebukin habis-habisan dulu. Hahaha..


 


Wadah pemijahan sebaiknya di tutupi keempat sisi dengan karton atau penutup lainnya sehingga sistem pemijahan mampu terjadi lancar. Berdasar pengalaman saya sewaktu kecil, aku tidak menutup wadah.


 


Sewaktu ikan cupangnya sudah mesra-mesra sudi lakukan pemijahan, ikannya melihat kucing liar lewat. Akhirnya gagal deh pemijahannya. Mungkin seperti manusia juga, kalau sedang ‘itu’ diliat orang lain kan malu.


 


 


 


Proses Pemijahan Ikan Cupang<


Proses pemijahan ditandai bersama dengan melilitnya ikan cupang jantan pada tubuh ikan cupang betina. Setelah melilit beberapa lama, ikan cupang betina bakal mengeluarkan telur. Ikan jantan akan segera memungut telur yang sudah dibuahi bersama mulutnya dan memasukkannya terhadap buih yang telah dibuatnya.


 


4. Video Proses Pemijahan Ikan Cupang


 


 


Ketika terjadi sistem ini benar-benar perlu menjaga sehingga buih tidak pecah atau terkena sesuatu. Saya pernah pernah gagal dikarenakan tumbuhan area ikan meletakkan buihnya dicabut anak paman yang masih kecil. Karena saya tempatkan wadah terhadap area yang rendah, anak paman saya tepat mampir lihat ada tumbuhan segera dicaploknya.


 


5. Memisahkan Betina


Walaupun Anda menutup keempat segi wadah, Anda masih dapat melihat aktivitas ikan bersama dengan mengintip. Pastikan ikan tidak menyadari sedang di intip agar tidak berlangsung kegagalan.


 


Setelah indukan betina tidak mengeluarkan telur lagi, maka langsung keluarkan berasal dari wadah pemijahan. Jika tidak dikeluarkan hanya dapat berjalan dua hal yakni adu jotos indukan jantan bersama betina atau telur-telurnya dimakan cupang betina.


 


6. Pisahkan Pejantan


Telur dapat menetas setelah kurang lebih 2 hari. Biarkan saja burayak bersama dengan ayahnya selama 3 hari. Pada hari keempat, Anda mampu memberi tambahan kutu air untuk dimakan burayak dan indukan jantan.


 


Pemberian makan pada indukan jantan tidak boleh benar-benar lama. Apabila indukan jantan memangsa burayak, langsung beri makan walaupun belum sampai hari keempat.


 


 


 


Hal ini dapat berjalan karena kelelahan, kecapekan dan kelaparan terhadap indukan jantan sehabis proses pemijahan.


 


Jika Anda memelihara bersama dengan benar, sehabis 2 minggu barulah indukan jantan dikeluarkan dari wadah.


 


PENTING! menyimak seksama proses perawatan berasal dari induk jantan kepada burayak. Apabila Anda melihat indukan jantan memangsa burayak padahal telah Anda beri makan kutu air, segera keluarkan dia. (Hal ini bisa terjadi sebab indukan jantan berumur kurang dari 5 bulan)


 


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


Perawatan pada burayak sesudah terlepas dari indukan jantan tidaklah sangat sulit. Hal yang wajib diperhatikan dalam perawatannya adalah:


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


1. Apabila wadah terlihat padat oleh burayak, segera pindahkan pada wadah lebih besar.


2. Beri makan kutu air dan jentik merah secara berkala seandainya burayak dipersiapkan untuk di laga.


3. Anda dapat memasukkan daun ketapang pada wadah untuk melindungi burayak dari infeksi jamur dan bakteri. (Daun ketapang harus di sistem pernah sebelum dimasukkan. Baca : Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif)


4. Ganti air secara bertahap andaikata udah tampak keruh.


5. Masukkan aerator dan setel oksigen tingkat menengah supaya memelihara burayak tidak kehabisan oksigen.


6. Setelah 1,5 bulan sejak menetas, ikan-ikan ini udah boleh dipisahkan menurut style kelaminnya ke wadah yang berbeda.


7. Khusus ikan cupang style kelamin jantan, pisahkan ikan terhadap wadah-wadah yang berbeda supaya tidak saling serang.


 


Sedikit Pengalaman Saya Budidaya Ikan Cupang


Saya sejak kecil mengenal ikan cupang dan memeliharanya untuk cuman berlaga bersama dengan ikan teman. Ketika aku kecil tetap belum begitu mengetahui cara budidaya ikan cupang yang benar sehingga cenderung gagal.


 


Tetapi untuk urusan laga ikan, saya sejak kecil sudah mengerti harus diberi makan apa saja ikan ini agar kuat.


 


 


 


Dari kecil burayak paling bagus diberi kutu air. Setelah giginya memadai kuat, usia kira-kira 1 ~ 1,5 bulan, beri makan jentik merah.


 


Biasanya jentik merah dibeli di dalam keadaan beku. Anda perlu mencairkannya terlebih dahulu baru mampu beri makan terhadap ikan.


 


Jentik merah tidak seperti cacing sutera, tingkat pencemaran pada air lebih rendah.


 


Pemberian makan cacing sutera kepada ikan kudu ada aeratornya supaya cacing tidak cepat mati membusuk dan mencemari air. Sewaktu pernah saya belum pengalaman, telah banyak ikan cupang mati dikarenakan tidak aku menyimak airnya.


 


Saya beri makan cacing sutera dan cacingnya mati membusuk, tidak saya ubah pula airnya, kelanjutannya ikan cupangnya termasuk turut mati. Hal ini telah berlangsung beberapa kali dan mengakibatkan saya cukup trauma kala itu.


 


Dengan berikan makan kutu air dan jentik merah, ikan cupang laga yang aku budidaya sering menang dalam kontes laga. Selain itu menambahkan daun ketapang juga amat berpengaruh. Well, sampai sini dulu pembahasan kami mengenai Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap dengan Gambar.


 


Artikel Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap dengan Gambar ini terbukti berhasil karena telah saya lalui sendiri sebagai pembudidaya ikan cupang yang berpengalaman.


 

0 Response to "harga ikan cupang hias halfmoon"

Posting Komentar