cara membudidayakan ikan cupang hias

Mengenal Ikan Cupang


cara mudah budidaya ikan cupang


Bagi penggemar ikan, budidaya ikan laga cupang pasti menjadi keliru satu pengalaman tersendiri. Ada yang budidaya ikan ini untuk hanya hobi, ada terhitung yang untuk dijual. Pertanian organik


 


Paling banyak ikan cupang yang dibudidaya adalah model ikan cupang laga. Sedangkan ikan cupang hias miliki harga yang cukup tinggi agar banyak terhitung yang membudidayakan tipe ini untuk dijual.


 


Ada lebih berasal dari 70-an spesies ikan cupang di bumi ini yang diketahui. Sedangkan yang belum diketahui mungkin masih amat banyak.


 


Mendapatkan Bibit Ikan Cupang Berkualitas


Untuk meraih bibit ikan cupang berkwalitas perlu ditunaikan pemeriksaan yang cermat. Kalau Anda bibitnya adalah bibit beli, maka Anda wajib cermat belanja supaya ikan cupang hasil ternak Anda berkwalitas tinggi.


 


Hal yang harus diperhatikan untuk meraih bibit ikan cupang memiliki kwalitas termasuk induk betina dan jantan yaitu:


 


 


 


Lihat sirip perut, ekor dan dubur apakah tersedia cacat.


Hindari sisik ikan yang tersedia luka.


Indukan jantan di cek tingkat agresifnya dengan mendekatkan jari tangan. Apabila indukan jantan memasuki mode menyerang sebab melihat jari tangan Anda berarti indukan jantan selanjutnya berkualitas. Cara mudah budidaya ikan cupang


Tanyakan apakah indukan selanjutnya udah pernah melakukan perkawinan atau belum.


Lihat mata ikan apakah ada memiliki masalah atau tidak.


Kondisi mesti bugar, bebas penyakit atau cacat.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


Ikan cupang jantan dan betina sebetulnya sangat mudah dibedakan. Bagi penyuka ikan cupang didalam kala singkat tentu dapat segera mengetahui ikan cupang jantan bersama yang betina.


 


Berikut adalah gambar perbedaan dari ikan cupang betina bersama dengan ikan cupang jantan.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


 


 


 


Cara membedakan cupang jantan bersama dengan betina:


1. Pada cupang jantan, gerakannya lincah dan cenderung indah. Sedangkan cupang betina nampak lamban dan lusuh.


2. Sirip ekor pada cupang jantan lebih besar dan lebar. Pada cupang betina sirip ekor terlihat kecil.


3. Perut pada cupang jantan langsing, namun cupang betina terlihat berisi.


 


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Wadah yang diperlukan adalah akuarium bersama dengan ukuran minimal 30cm x 30cm. Kemudian wadah juga harus dimasukkan tumbuhan pendukung yaitu kapu-kapu (pistia stratiotes). Jika di area Anda tidak tersedia tumbuhan ini dapat termasuk menggunakan eceng gondok.


 


Sangat direkomendasi memakai tumbuhan kapu-kapu gara-gara tumbuhan ini kerap ada di habitat alami ikan cupang. Selain itu, akar tumbuhan ini lebih tepat menolong gelembung-gelembung yang nantinya digunakan untuk penempatan telur ikan.


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Tumbuhan kapu-kapu sering disebut terhitung dengan nama apu-apu. Di area aku tumbuhan ini memadai sulit ditemui.


 


Masukkan air yang sudah di endap setinggi 10 ~ 15 cm dari basic wadah. Batasan air 15 cm agar ikan cupang jantan tidak kecapekan memungut banyaknya telur sehabis pembuahan terjadi.


 


Biarkan selama sedikitnya 2 hari barulah wadah siap digunakan.


 


Proses Perkenalan dan Perkawinan Ikan Cupang


Untuk memulai proses ini sebaiknya Anda ikuti cara yang saya jalankan supaya berhasil.


1. Masukkan Pejantan di Wadah Selama 1 Hari


Masukkan terlebih dahulu ikan cupang yang jantan ke wadah pijah selama 1 hari supaya terbiasa. Beri makan yang banyak supaya ikan cupang jantan gemuk. Beri makan juga ikan cupang betina gemuk sebab kala sistem pemijahan, ikan ini tidak makan apapun.


 


2. Kenalkan bersama dengan Betina


Sebelum memasukkan ikan cupang betina ke didalam wadah pijah, pisahkan pernah pada wadah kaca yang berbeda. Untuk sebabkan ikan ini saling kenal maka biarkan ikan cupang jantan mampu memandang cupang betina.


Pejantan Mengeluarkan Buih Pertanda Siap Kawin


Jika cupang jantan siap kawin, maka dia bakal mengeluarkan buih-buih di kira-kira tumbuhan apung yang Anda masukkan. Setelah buih memadai banyak barulah ikan cupang betina bisa dicampur ke wadah pemijahan.


 


3. Proses Pemijahan Ikan Cupang


Pada awal pencampuran, ikan cupang betina dapat di hajar habis-habisan oleh ikan cupang jantan. Cara ini dikerjakan pejantan untuk menaklukkan ego dari ikan cupang betina.


 


Pada ikan cupang, dibiarkan saja kecuali berlangsung hal ini. Biasanya sehabis 1 harian, akan baikan ke-2 ikan dan terjadilah sistem pemijahan. Proses itu umumnya terjadi terhadap pagi hari sekitar jam 9 pagi.


 


Terkadang saat memandang ikan jantan gebukin ikan betina, saya berpikir kalau sistem perkawinan manusia layaknya itu rasanya sakit sekali ya wanitanya. Gimana gak sakit, berkenan dimadu namun digebukin habis-habisan dulu. Hahaha..


 


Wadah pemijahan sebaiknya di tutupi keempat sisi dengan karton atau penutup lainnya agar proses pemijahan dapat berlangsung lancar. Berdasar pengalaman aku sewaktu kecil, saya tidak menutup wadah.


 


Sewaktu ikan cupangnya udah mesra-mesra rela jalankan pemijahan, ikannya melihat kucing liar lewat. Akhirnya gagal deh pemijahannya. Mungkin layaknya manusia juga, kalau sedang ‘itu’ diliat orang lain kan malu.


 


 


 


Proses Pemijahan Ikan Cupang<


Proses pemijahan ditandai bersama dengan melilitnya ikan cupang jantan pada tubuh ikan cupang betina. Setelah melilit lebih dari satu lama, ikan cupang betina akan mengeluarkan telur. Ikan jantan akan langsung memungut telur yang telah dibuahi bersama dengan mulutnya dan memasukkannya terhadap buih yang telah dibuatnya.


 


4. Video Proses Pemijahan Ikan Cupang


 


 


Ketika berjalan sistem ini amat mutlak merawat sehingga buih tidak pecah atau terkena sesuatu. Saya pernah pernah gagal sebab tumbuhan area ikan tempatkan buihnya dicabut anak paman yang masih kecil. Karena aku letakkan wadah terhadap daerah yang rendah, anak paman saya tepat berkunjung menyaksikan tersedia tumbuhan segera dicaploknya.


 


5. Memisahkan Betina


Walaupun Anda menutup keempat segi wadah, Anda tetap bisa memandang aktivitas ikan dengan mengintip. Pastikan ikan tidak jelas tengah di intip agar tidak berlangsung kegagalan.


 


Setelah indukan betina tidak mengeluarkan telur lagi, maka segera keluarkan berasal dari wadah pemijahan. Jika tidak dikeluarkan cuma bakal terjadi dua hal yakni adu jotos indukan jantan bersama dengan betina atau telur-telurnya dimakan cupang betina.


 


6. Pisahkan Pejantan


Telur bakal menetas sesudah kurang lebih 2 hari. Biarkan saja burayak dengan ayahnya sepanjang 3 hari. Pada hari keempat, Anda dapat menambahkan kutu air untuk dimakan burayak dan indukan jantan.


 


Pemberian makan terhadap indukan jantan tidak boleh terlalu lama. Apabila indukan jantan memangsa burayak, langsung beri makan kendati belum hingga hari keempat.


 


 


 


Hal ini mampu berlangsung sebab kelelahan, kecapekan dan kelaparan terhadap indukan jantan setelah sistem pemijahan.


 


Jika Anda merawat bersama dengan benar, setelah 2 minggu barulah indukan jantan dikeluarkan berasal dari wadah.


 


PENTING! mencermati seksama proses perawatan berasal dari induk jantan kepada burayak. Apabila Anda menyaksikan indukan jantan memangsa burayak padahal telah Anda beri makan kutu air, segera keluarkan dia. (Hal ini dapat berlangsung dikarenakan indukan jantan berumur tidak cukup dari 5 bulan)


 


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


Perawatan pada burayak sehabis terlepas berasal dari indukan jantan tidaklah terlampau sulit. Hal yang wajib diperhatikan di dalam perawatannya adalah:


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


1. Apabila wadah keluar padat oleh burayak, segera pindahkan pada wadah lebih besar.


2. Beri makan kutu air dan jentik merah secara berkala sekiranya burayak dipersiapkan untuk di laga.


3. Anda sanggup memasukkan daun ketapang pada wadah untuk memelihara burayak dari infeksi jamur dan bakteri. (Daun ketapang mesti di proses pernah sebelum dimasukkan. Baca : Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif)


4. Ganti air secara bertahap jika udah tampak keruh.


5. Masukkan aerator dan setel oksigen tingkat menengah agar merawat burayak tidak kehabisan oksigen.


6. Setelah 1,5 bulan sejak menetas, ikan-ikan ini udah boleh dipisahkan menurut type kelaminnya ke wadah yang berbeda.


7. Khusus ikan cupang model kelamin jantan, pisahkan ikan terhadap wadah-wadah yang tidak sama agar tidak saling serang.


 


Sedikit Pengalaman Saya Budidaya Ikan Cupang


Saya sejak kecil mengenal ikan cupang dan memeliharanya untuk semata-mata berlaga bersama dengan ikan teman. Ketika saya kecil tetap belum begitu tahu langkah budidaya ikan cupang yang benar sehingga cenderung gagal.


 


Tetapi untuk urusan laga ikan, aku sejak kecil sudah tahu wajib diberi makan apa saja ikan ini agar kuat.


 


 


 


Dari kecil burayak paling bagus diberi kutu air. Setelah giginya lumayan kuat, umur lebih kurang 1 ~ 1,5 bulan, beri makan jentik merah.


 


Biasanya jentik merah dibeli di dalam suasana beku. Anda kudu mencairkannya lebih-lebih dahulu baru mampu beri makan terhadap ikan.


 


Jentik merah tidak layaknya cacing sutera, tingkat pencemaran terhadap air lebih rendah.


 


Pemberian makan cacing sutera kepada ikan perlu tersedia aeratornya sehingga cacing tidak cepat mati membusuk dan mencemari air. Sewaktu dulu aku belum pengalaman, udah banyak ikan cupang mati gara-gara tidak saya perhatikan airnya.


 


Saya beri makan cacing sutera dan cacingnya mati membusuk, tidak saya tukar pula airnya, kelanjutannya ikan cupangnya terhitung ikut mati. Hal ini sudah berjalan beberapa kali dan membuat aku memadai trauma sementara itu.


 


Dengan berikan makan kutu air dan jentik merah, ikan cupang laga yang aku budidaya sering menang dalam kontes laga. Selain itu menambahkan daun ketapang terhitung sangat berpengaruh. Well, sampai sini pernah pembahasan kita perihal Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap bersama dengan Gambar.


 


Artikel Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap bersama Gambar ini terbukti sukses gara-gara telah saya lalui sendiri sebagai pembudidaya ikan cupang yang berpengalaman.


 

0 Response to "cara membudidayakan ikan cupang hias"

Posting Komentar