koleksi foto ikan cupang hias

Mengenal Ikan Cupang


cara mudah budidaya ikan cupang


Bagi fans ikan, budidaya ikan laga cupang pasti menjadi tidak benar satu pengalaman tersendiri. Ada yang budidaya ikan ini untuk hanyalah hobi, ada juga yang untuk dijual. Pertanian organik


 


Paling banyak ikan cupang yang dibudidaya adalah type ikan cupang laga. Sedangkan ikan cupang hias punya harga yang cukup tinggi agar banyak termasuk yang membudidayakan tipe ini untuk dijual.


 


Ada lebih dari 70-an spesies ikan cupang di bumi ini yang diketahui. Sedangkan yang belum diketahui kemungkinan tetap terlampau banyak.


 


Mendapatkan Bibit Ikan Cupang Berkualitas


Untuk meraih bibit ikan cupang memiliki kualitas wajib ditunaikan pemeriksaan yang cermat. Kalau Anda bibitnya adalah bibit beli, maka Anda kudu detail membeli sehingga ikan cupang hasil ternak Anda berkualitas tinggi.


 


Hal yang kudu diperhatikan untuk beroleh bibit ikan cupang memiliki kwalitas terhitung induk betina dan jantan yaitu:


 


 


 


Lihat sirip perut, ekor dan dubur apakah tersedia cacat.


Hindari sisik ikan yang ada luka.


Indukan jantan di cek tingkat agresifnya dengan mendekatkan jari tangan. Apabila indukan jantan memasuki mode menyerang sebab menyaksikan jari tangan Anda berarti indukan jantan selanjutnya berkualitas. Cara mudah budidaya ikan cupang


Tanyakan apakah indukan tersebut sudah pernah melaksanakan perkawinan atau belum.


Lihat mata ikan apakah ada punya masalah atau tidak.


Kondisi wajib bugar, bebas penyakit atau cacat.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


Ikan cupang jantan dan betina sesungguhnya benar-benar ringan dibedakan. Bagi penyuka ikan cupang dalam saat singkat tentu sanggup segera mengetahui ikan cupang jantan dengan yang betina.


 


Berikut adalah gambar perbedaan berasal dari ikan cupang betina bersama dengan ikan cupang jantan.


Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina


 


 


 


Cara membedakan cupang jantan bersama dengan betina:


1. Pada cupang jantan, gerakannya lincah dan condong indah. Sedangkan cupang betina nampak lamban dan lusuh.


2. Sirip ekor terhadap cupang jantan lebih besar dan lebar. Pada cupang betina sirip ekor tampak kecil.


3. Perut pada cupang jantan langsing, sedangkan cupang betina keluar berisi.


 


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Wadah yang dibutuhkan adalah akuarium bersama ukuran sedikitnya 30cm x 30cm. Kemudian wadah juga wajib dimasukkan tumbuhan pendukung yaitu kapu-kapu (pistia stratiotes). Jika di tempat Anda tidak ada tumbuhan ini sanggup juga memakai eceng gondok.


 


Sangat disarankan pakai tumbuhan kapu-kapu gara-gara tumbuhan ini kerap tersedia di habitat alami ikan cupang. Selain itu, akar tumbuhan ini lebih tepat mendukung gelembung-gelembung yang nantinya digunakan untuk penempatan telur ikan.


Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung


Tumbuhan kapu-kapu kerap disebut termasuk dengan nama apu-apu. Di daerah saya tumbuhan ini lumayan sukar ditemui.


 


Masukkan air yang sudah di endap setinggi 10 ~ 15 cm berasal dari dasar wadah. Batasan air 15 cm supaya ikan cupang jantan tidak kecapekan memungut banyaknya telur setelah pembuahan terjadi.


 


Biarkan sepanjang sekurang-kurangnya 2 hari barulah wadah siap digunakan.


 


Proses Perkenalan dan Perkawinan Ikan Cupang


Untuk mengawali proses ini sebaiknya Anda ikuti cara yang aku melakukan sehingga berhasil.


1. Masukkan Pejantan di Wadah Selama 1 Hari


Masukkan terutama dahulu ikan cupang yang jantan ke wadah pijah sepanjang 1 hari sehingga terbiasa. Beri makan yang banyak supaya ikan cupang jantan gemuk. Beri makan termasuk ikan cupang betina gemuk karena dikala sistem pemijahan, ikan ini tidak makan apapun.


 


2. Kenalkan bersama Betina


Sebelum memasukkan ikan cupang betina ke di dalam wadah pijah, pisahkan pernah terhadap wadah kaca yang berbeda. Untuk memicu ikan ini saling kenal maka biarkan ikan cupang jantan bisa melihat cupang betina.


Pejantan Mengeluarkan Buih Pertanda Siap Kawin


Jika cupang jantan siap kawin, maka dia bakal mengeluarkan buih-buih di sekitar tumbuhan apung yang Anda masukkan. Setelah buih lumayan banyak barulah ikan cupang betina mampu dicampur ke wadah pemijahan.


 


3. Proses Pemijahan Ikan Cupang


Pada awal pencampuran, ikan cupang betina akan di hajar habis-habisan oleh ikan cupang jantan. Cara ini dijalankan pejantan untuk menaklukkan ego berasal dari ikan cupang betina.


 


Pada ikan cupang, dibiarkan saja jikalau terjadi hal ini. Biasanya sesudah 1 harian, bakal baikan kedua ikan dan terjadilah sistem pemijahan. Proses itu kebanyakan berlangsung terhadap pagi hari sekitar jam 9 pagi.


 


Terkadang kala lihat ikan jantan gebukin ikan betina, saya berpikir kalau proses perkawinan manusia seperti itu rasanya sakit sekali ya wanitanya. Gimana gak sakit, senang dimadu namun digebukin habis-habisan dulu. Hahaha..


 


Wadah pemijahan sebaiknya di tutupi keempat sisi dengan karton atau penutup lainnya sehingga sistem pemijahan sanggup berlangsung lancar. Berdasar pengalaman saya sewaktu kecil, saya tidak menutup wadah.


 


Sewaktu ikan cupangnya sudah mesra-mesra rela lakukan pemijahan, ikannya menyaksikan kucing liar lewat. Akhirnya gagal deh pemijahannya. Mungkin layaknya manusia juga, kecuali tengah ‘itu’ diliat orang lain kan malu.


 


 


 


Proses Pemijahan Ikan Cupang<


Proses pemijahan ditandai bersama melilitnya ikan cupang jantan pada tubuh ikan cupang betina. Setelah melilit sebagian lama, ikan cupang betina dapat mengeluarkan telur. Ikan jantan akan langsung memungut telur yang udah dibuahi dengan mulutnya dan memasukkannya pada buih yang telah dibuatnya.


 


4. Video Proses Pemijahan Ikan Cupang


 


 


Ketika terjadi proses ini terlampau penting menjaga supaya buih tidak pecah atau terkena sesuatu. Saya dulu dulu gagal dikarenakan tumbuhan tempat ikan tempatkan buihnya dicabut anak paman yang masih kecil. Karena aku meletakkan wadah terhadap area yang rendah, anak paman aku pas datang memandang tersedia tumbuhan langsung dicaploknya.


 


5. Memisahkan Betina


Walaupun Anda menutup keempat sisi wadah, Anda masih bisa menyaksikan kesibukan ikan dengan mengintip. Pastikan ikan tidak mengerti tengah di intip supaya tidak terjadi kegagalan.


 


Setelah indukan betina tidak mengeluarkan telur lagi, maka langsung keluarkan berasal dari wadah pemijahan. Jika tidak dikeluarkan hanya bakal berlangsung dua perihal yakni adu jotos indukan jantan bersama betina atau telur-telurnya dimakan cupang betina.


 


6. Pisahkan Pejantan


Telur bakal menetas sesudah kurang lebih 2 hari. Biarkan saja burayak bersama ayahnya selama 3 hari. Pada hari keempat, Anda bisa memberikan kutu air untuk dimakan burayak dan indukan jantan.


 


Pemberian makan terhadap indukan jantan tidak boleh terlalu lama. Apabila indukan jantan memangsa burayak, langsung beri makan meskipun belum hingga hari keempat.


 


 


 


Hal ini mampu terjadi gara-gara kelelahan, kecapekan dan kelaparan terhadap indukan jantan sesudah proses pemijahan.


 


Jika Anda memelihara bersama dengan benar, sehabis 2 minggu barulah indukan jantan dikeluarkan dari wadah.


 


PENTING! mencermati seksama proses perawatan dari induk jantan kepada burayak. Apabila Anda memandang indukan jantan memangsa burayak padahal sudah Anda beri makan kutu air, langsung keluarkan dia. (Hal ini sanggup berjalan karena indukan jantan berumur tidak cukup dari 5 bulan)


 


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


Perawatan pada burayak setelah lepas berasal dari indukan jantan tidaklah terlampau sulit. Hal yang perlu diperhatikan didalam perawatannya adalah:


Perawatan Anakan Ikan Cupang (Burayak)


1. Apabila wadah terlihat padat oleh burayak, langsung pindahkan pada wadah lebih besar.


2. Beri makan kutu air dan jentik merah secara berkala bila burayak dipersiapkan untuk di laga.


3. Anda sanggup memasukkan daun ketapang terhadap wadah untuk melindungi burayak dari infeksi jamur dan bakteri. (Daun ketapang mesti di proses pernah sebelum dimasukkan. Baca : Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Efektif)


4. Ganti air secara bertahap misalnya sudah tampak keruh.


5. Masukkan aerator dan setel oksigen tingkat menengah sehingga merawat burayak tidak kehabisan oksigen.


6. Setelah 1,5 bulan sejak menetas, ikan-ikan ini udah boleh dipisahkan menurut tipe kelaminnya ke wadah yang berbeda.


7. Khusus ikan cupang model kelamin jantan, pisahkan ikan terhadap wadah-wadah yang berlainan sehingga tidak saling serang.


 


Sedikit Pengalaman Saya Budidaya Ikan Cupang


Saya sejak kecil mengenal ikan cupang dan memeliharanya untuk hanyalah berlaga bersama ikan teman. Ketika saya kecil tetap belum begitu paham langkah budidaya ikan cupang yang benar agar condong gagal.


 


Tetapi untuk urusan laga ikan, aku sejak kecil telah jelas harus diberi makan apa saja ikan ini sehingga kuat.


 


 


 


Dari kecil burayak paling bagus diberi kutu air. Setelah giginya memadai kuat, usia sekitar 1 ~ 1,5 bulan, beri makan jentik merah.


 


Biasanya jentik merah dibeli didalam suasana beku. Anda harus mencairkannya terlebih dahulu baru sanggup beri makan terhadap ikan.


 


Jentik merah tidak layaknya cacing sutera, tingkat pencemaran pada air lebih rendah.


 


Pemberian makan cacing sutera kepada ikan wajib tersedia aeratornya agar cacing tidak cepat mati membusuk dan mencemari air. Sewaktu dulu saya belum pengalaman, udah banyak ikan cupang mati gara-gara tidak aku perhatikan airnya.


 


Saya beri makan cacing sutera dan cacingnya mati membusuk, tidak saya ubah pula airnya, akhirnya ikan cupangnya termasuk turut mati. Hal ini telah berjalan berulang-kali dan memicu saya cukup trauma saat itu.


 


Dengan berikan makan kutu air dan jentik merah, ikan cupang laga yang aku budidaya kerap menang didalam kontes laga. Selain itu penambahan daun ketapang juga terlampau berpengaruh. Well, sampai sini pernah pembahasan kita perihal Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap bersama dengan Gambar.


 


Artikel Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap dengan Gambar ini terbukti sukses dikarenakan telah saya lalui sendiri sebagai pembudidaya ikan cupang yang berpengalaman.


 

0 Response to "koleksi foto ikan cupang hias"

Posting Komentar